Semarak Safari Seni Budaya Sumatera Utara Berlanjut di Kota Plovdiv, Bulgaria

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Splendor of Indonesia: Dances and Songs from North Sumatera yang sebelumnya pada tanggal 11 Mei 2010 memukau warga kota Stara Zagora, Bulgaria, kembali sukses menggoyang warga kota Plovdiv, yang merupakan kota kedua terbesar di Bulgaria, pada tanggal 12 Mei 2010. Lebih dari 250 pengunjung yang memadati gedung Drama Theatre Plovdiv ikut bergoyang dan berteriak ‘horas’ sambil menikmati semaraknya tarian Persembahan, Biring Manggis, Nelayan, Rentak Sekaki, Sawan Sigale Gale dan irama lagu-lagu Situmorang dan Sitogol yang dibawakan oleh Tim Kesenian Cindai dari Sumut. Grup tari KBRI Sofia, Pesona Mawar Nusantara, yang membawakan tarian Nandak Ganjen dan Yapong turut memukau hadirin yang terdiri dari berbagai tingkat usia mulai dari anak-anak, hingga orang tua lanjut usia.  Hadir dalam malam pertunjukan Dubes RI dan Ibu Fely Rose Inkiriwang; Wakil Walikota Plovdiv yang membidangi kebudayaan, pendidikan, kesehatan dan pemuda, Petya Gogova; serta delegasi Pemprov Sumut yang dipimpin Kepala Badan Promosi dan Penanaman Modal Sumut, Salman Ginting; staf KBRI Sofia serta warga Indonesia yang tinggal di Plovdiv. Hadir pula Dubes Korea Utara, Jo Sung Ju, beserta staf; dan Dubes Mesir, Olfat Farah, yang pernah mengikuti suaminya bertugas di Kedubes Mesir di Jakarta serta keluarganya. Sebagaimana sebelumnya di Stara Zagora, Ketua Delegasi Sumut ‘mangulosi’ atau meng-ulos-kan Wakil Walikota Gogova.

 

Dalam sambutan singkatnya, Dubes RI mengatakan bahwa melalui pementasan seni budaya Sumut diharapkan dapat lebih mendekatkan dan meningkatkan hubungan dan kerjasama Indonesia dan Bulgaria, serta lebih mengenalkan kekayaan budaya bangsa Indonesia yang beragam kepada masyarakat Bulgaria. Ditambahkan bahwa dirinya sangat senang melihat banyaknya anak-anak dan remaja yang menonton, dengan harapan bahwa pementasan ini akan tertanam di ingatan generasi muda yang merupakan calon-calon pemimpin Bulgaria di masa mendatang. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan oleh Dubes RI untuk menyampaikan mengenai kekayaan alam, fauna dan flora serta kuliner Indonesia, dan mengundang hadirin memilih Taman Nasional Komodo dalam final pemilihan New 7 Wonders of Nature. Dikemukakan bahwa keberhasilan Taman Nasional Komodo kelak dalam pemilihan tersebut tentunya tidak lepas dari dukungan masyarakat Plovdiv. Wakil Walikota Gogova, atas nama seluruh warga kota, menyampaikan terima kasih karena belum pernah sebelumnya mereka menyaksikan pertunjukan seni budaya yang begitu mempesona dengan banyak ragam pakaian tarian dengan aneka warna yang menarik. Ditambahkan bahwa dirinya baru mengetahui begitu kayanya seni budaya Indonesia setelah melihat penampilan Cindai yang merupakan contoh dari 1 propinsi saja di Indonesia. Di akhir pementasan, banyak tokoh masyarakat dan warga kota Plovdiv yang menyalami Dubes RI dan menyampaikan apresiasi mereka atas pertunjukan yang dinilai extravagant dan cocok sekali dengan tema ‘splendor of Indonesia’. Para hadirin pada umumnya sangat terpukai dengan keindahan pakaian tari, gerakan tarian serta irama musik secara live dengan instrumen tradisional Sumut yang mengiringi tarian yang dibawakan oleh Cindai.

 

Selanjutnya Cindai akan tampil pada festival Weekend Tourism 2010 di kota Ruse tanggal 14 Mei 2010. Pementasan Splendor of Indonesia di Plovdiv diselenggarakan atas kerjasama KBRI Sofia dengan Plovdiv Municipality yang dirintis oleh Dubes RI dengan Walikota Plovdiv, Slavcho Atanassov. Di tanggal yang sama di tahun 2009, KBRI dan Plovdiv Municipality bekerjasama menyelenggarakan Exquisite Indonesia Night yang menampilkan tarian yang dibawakan Pesona Mawar Nusantara, serta sebelumnya menyelenggarakan lomba menulis essay dan melukis dengan tema Indonesia bagi pelajar Plovdiv dimana pengumuman para pemenang dan pemberian hadiah bagi para pemenang dilakukan pada acara Exquisite Indonesia Night tersebut (sumber: KBRI Sofia).

 

* * *