Rektor Sofia University di Bulgaria sambut baik tawaran kerjasama dengan Universitas Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Demikian terungkap pada saat Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang, menyerahkan rancangan MOU kerjasama antara Universitas Indonesia dan Sofia University (SU) ‘St. Kliment Ohridski’ yang merupakan inisiatif dari Rektor UI, Prof. Dr. Gumilar Rusliwa Somantri, kepada Rektor SU, Prof. Dr. Ivan Ilchev, pada tanggal 23 Desember 2009. Pada pertemuan tersebut hadir pula Dekan Faculty of Classical and Modern Philology, Assoc. Prof. Dr. Petya Yaneva dan wakilnya Assoc. Prof. Dr. Galina Rousseva-Sokolova; Kepala Departemen Hubungan Internasional SU, Roumen Grigorov; serta pengajar kelas Bahasa Indonesia di SU Prof. Krasimir Himirski yang merupakan juga Ketua Klub Nusantara (perkumpulan warga Bulgaria pencinta Indonesia).

 

Rektor SU menyampaikan bahwa dirinya akan segera mempelajari rancangan MOU tersebut untuk memberikan tanggapan serta memfinalisasinya. Kerjasama antara UI dan SU dinilai Rektor SU sangat baik dan akan lebih mendorong warga Bulgaria untuk mengenal Indonesia. Dubes RI menyampaikan penghargaan kepada Rektor SU atas kesediaan pihaknya untuk meningkatkan kerjasama baik dengan KBRI dan juga dalam mengembangkan kerjasama antar universitas dengan UI. Ditambahkan penghargaan atas upaya Rektor SU dan Dekan Faculty of Classical and Modern Philology membuka kelas bahasa Indonesia

 

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI menyerahkan juga sumbangan 2 paket buku Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia dan 2 buah kamus Inggris-Indonesia dari KBRI kepada Dekan Faculty of Classical and Modern Philology dan disaksikan oleh Rektor SU.

 

Sofia University sejak 3 Nopember 2009 telah membuka kelas bahasa Indonesia di Faculty of Classical and Modern Philology yang diadakan dua kali seminggu, setiap Selasa dan Kamis. Jumlah siswa terdaftar hingga saat ini 11 orang. Kelas dibuka untuk umum, tidak hanya bagi mahasiswa SU. Diharapkan dengan MOU kerjasama antara UI dan SU, maka kerjasama dapat lebih diperluas dan kelasa Bahasa Indonesia yang ada dapat berkembang menjadi pusat kajian Indonesia di Bulgaria (sumber: KBRI Sofia).

 

***

Keterangan foto: Rektor Sofia University (kedua dari kiri), Dekan (kedua dari kanan) dan Wakil Dekan (paling kanan) Faculty of Classical and Modern Philology melihat-lihat buku Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing yang diserahkan Dubes RI (paling kiri).