RI-Bulgaria perlu kembangkan kerjasama antar parlemen di bidang pemberantasan korupsi serta pembentukan good and clean governance

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Demikian salah satu hal yang mengemuka pada saat kunjungan kehormatan Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang, kepada Ketua Parlemen Bulgaria, Tsetska Tsacheva, pada tanggal 1 Maret 2010. Dalam pertemuan yang berlangsung dengan hangat dan penuh persahabatan tersebut, disepakati pula perlunya peningkatan dan perluasan hubungan kedua negara, termasuk person-to-person contact.
 
Dubes RI menyampaikan salam dari Ketua DPR RI dan ucapan selamat atas terpilihnya Tsacheva sebagai Ketua Parlemen Bulgaria serta sebagai wanita Bulgaria pertama yang menduduki jabatan Ketua Parlemen. Ditambahkan bahwa kerjasama antar parlemen RI-Bulgaria meningkat, dimana 2 delegasi DPR RI pada tahun 2008 telah berkunjung ke Bulgaria. Dubes RI menyampaikan kembali undangan kepada Ketua Parlemen dan Kelompok Persahabatan Bulgaria-Indonesia dalam Parlemen Bulgaria untuk berkunjung ke Indonesia. Ketua Parlemen Bulgaria mengutarakan bahwa Bulgaria memberikan arti penting kepada hubungannya dengan Indonesia yang dipandang sebagai mitra penting di luar negara-negara Uni Eropa. Ketua Parlemen Bulgaria juga menyatakan keinginannya berkunjung ke Indonesia walau belum dapat menentukan waktunya. Keduanya juga sepakat megenai perlunya untuk meningkatkan kerjasama antarparlemen kedua negara di bidang pemberantasan korupsi serta pembentukan good and clean governance mengingat hal-hal tersebut merupakan isu utama dalam kehidupan berbangsa  kedua negara sebagai sesama emerging and young democracies.
 
Di akhir pertemuan, Dubes RI menyampaikan cindera mata kepada Ketua Parlemen Bulgaria berupa cindera mata hiasan dinding berbingkai sepasang pengantin Jawa.