Promosi Budaya Sumatera Utara Dukung Promosi Ekonomi Indonesia di Bulgaria

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

“Indonesia tidak hanya sekedar Bali dan Jawa, ” demikian Dubes RI untuk Republik Bulgaria, Immanuel Robert Inkiriwang, pada saat jamuan malam kepada delegasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kota Medan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menegah (KKUKM) serta Tim Kesenian Cindai dari Sumatera Utara di Wisma Duta, 10 Mei 2010. Kehadiran delegasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan tim kesenian yang dibawanya akan lebih membuka mata rakyat Bulgaria akan kekayaan budaya serta potensi ekonomi Indonesia. Pada kesempatan jamuan tersebut, Dubes RI telah ‘di-uloskan’ oleh Delegasi Pemprov Sumut dan Pemkot Medan.

 

Delegasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan yang dipimpin oleh Ketua Badan Penanaman Modal dan Promosi Sumatera Utara, Salman Ginting, berada di Bulgaria tanggal 9 hingga 17 Mei 2010 untuk berpartisipasi pada Plovdiv International Spring Fair 2010, mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Kota Burgas di Bulgaria guna menindaklanjuti proses pembentukan sister city antara Medan dan Burgas yang telah dirintis oleh Dubes RI, dan mempromosikan seni budaya Sumatera Utara. Tim Kesenian Cindai yang dibawa oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan mengadakan safari seni budaya tradisional Sumatera Utara di 3 kota di Bulgaria yaitu di Stara Zagora (11 Mei), Plovdiv (12 Mei) dan berpartisipasi pada International Weekend Tourism 2010 di Ruse (14 Mei). Selain itu, rombongan pengusaha dari Sumatera Utara berpartisipasi pada International Spring Fair 2010 di kota Plovdiv yang merupakan pameran dagang terbesar di kawasan Balkan, bersama dengan rombongan pengusaha lainnya yang dikoordinasikan oleh KKUKM.

 

Lebih lanjut Dubes RI menyatakan bahwa dalam pengalaman KBRI, terutama di tahun 2008 dimana tercatat kenaikan nilai perdagangan bilateral RI-Bulgaria hingga 78,6% dibandingkan dengan nilai perdagangan 2007, promosi budaya melalui pertunjukan seni budaya Indonesia sangat berdampak positif pada hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara. Banyak warga Bulgaria, terutama para pebisnis, yang terkesan dengan keindahan seni budaya Indonesia kemudian mengunjungi Indonesia untuk berwisata dan bahkan kemudian melakukan bisnis dengan para mitranya di Indonesia setelah melihat sendiri potensi ekonomi Indonesia, terutama peluang bisnis yang sangat menarik.

 

Kunjungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan di Bulgaria ini merupakan kelanjutan dari pertemuan Dubes RI dengan Gubernur Sumatera Utara, H. Syamsul Arifin, di Jakarta bulan Oktober 2009 dan di Medan bulan Pebruari 2010 (sumber: KBRI Sofia).

 

* * *