Krisis ekonomi tak padamkan keinginan warga Bulgaria berkunjung ke Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Walau di tengah krisis ekonomi dunia yang berakibat pada lesunya pariwisata di Bulgaria sementara ini, namun minat warga Bulgaria untuk mengunjungi Indonesia tidak padam. Demikian terungkap pada Indonesian Tourism Workshop yang diselenggarakan KBRI Sofia bekerjasama dengan Bayu Buana Travel Services di Sofia tanggal 17 Maret 2010. Workshop yang berlangsung di KBRI Sofia tersebut dihadiri sejumlah manager/wakil dari tour operators serta travel writer di Bulgaria.

 

Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang, pada sambutan singkatnya menyatakan  bahwa prioritas misi KBRI Sofia adalah meningkatkan kerjasama ekonomi dimana pariwisata merupakan salah satu fokusnya disamping perdagangan dan investasi. Ditambahkan bahwa pariwisata memiliki keuntungan yang multi-dimensi. Sebagai contoh, sejumlah pengusaha Bulgaria yang memiliki hubungan bisnis dengan Indonesia awalnya berkunjung ke Indonesia sebagai wisatawan dan kemudian melakukan bisnis setelah menyadari besarnya peluang di Indonesia. KBRI juga setiap tahun menyelenggarakan program Business Tourism Trip yang menggabungkan kunjungan bisnis (menghadiri Pameran Produksi Ekspor Indonesia di Jakarta) dan kunjungan wisata di Jakarta dan ke beberapa propinsi lain di Indonesia, terutama Bali. Dijelaskan bahwa Indonesia sangat cocok untuk beragam tujuan wisata seperti eco tourism, adventure tourism, cultural tourism, shopping tourism, spa tourism, cuisine tourism, business tourism, sport tourism dan lain-lain. Mengakhiri sambutannya, disampaikan harapan bahwa workshop tersebut akan dapat lebih mempromosikan pariwisata Indonesia di Bulgaria dan mendorong kerjasama business-to-business antara tour operators di kedua negara terutama agar tour operator Bulgaria dapat menyusun paket wisata ke Indonesia yang sangat menarik.

 

Area Manager dari Bayu Buana Travel Services, Agustinus Pake Seko, memberikan presentasi mengenai berbagai daerah tujuan wisata di Indonesia di Jakarta, Yogyakarta, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi dan bahkan Papua. Dijelaskan kekhasan masing-masing daerah tujuan wisata tersebut dan kaitannya dengan paket wisata yang dapat ditawarkan kepada para calon wisatawan dari Bulgaria. Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab serta ramah tamah dimana para peserta dapat menikmati sajian kue-kue khas Indonesia seperti risoles, pastel, kue lumpur dan kue lapis.

 

Para peserta dengan antusias mengikuti acara hingga berakhirnya workshop. Beberapa diantara mereka bahkan rencanakan untuk mengirim kelompok wisatawan Bulgaria ke Indonesia dan salah seorang diantaranya menyatakan sudah rencanakan untuk mengirim 80 orang di bulan September 2010 (sumber: KBRI Sofia).