Dubes RI serahkan bantuan kemanusiaan dari Bulgaria bagi korban bencana gempa bumi Sumatera Barat

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Derita anak bangsa yang menjadi korban bencana gempa bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter yang menimpa Sumatera Barat tanggal 30 September 2009 juga mendapat simpati dan solidaritas dari rakyat Bulgaria. Dubes RI untuk Republik Bulgaria, Immanuel Robert Inkiriwang, pada tanggal 10 Pebruari 2009 menyerahkan dana bantuan kemanusiaan sebesar USD 3.333,- kepada Kepala Kantor Penghubung Pemprov Sumatera Barat di Jakarta, Nadiar, S.H., yang merupakan hasil dari beberapa kegiatan pengumpulan dana yang dilakukan KBRI Sofia di penghujung 2009.

 

Kepala Kantor Penghubung Pemprov Sumbar, atas nama Pemda Sumbar dan masyarakat Sumbar, menyampaikan terima kasih kepada KBRI Sofia dan rakyat Bulgaria yang memperhatikan dan telah menyumbangkan dana untuk meringankan beban penderitaan korban gempa yang masih sangat diperlukan.

 

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI menyampaikan, antara lain bahwa bantuan tersebut memiliki arti penting bagi hubungan persahabatan yang ditunjukan rakyat Bulgaria kepada Indonesia dan turut membantu meringankan beban para korban serta membantu dalam proses rehabilitasi.

 

Sebagian besar dana bantuan kemanusiaan tersebut diperoleh dari kegiatan pengumpulan dana kemanusiaan dari turnamen golf amatir Mercedez Bens President Cup di kota Balchik di tepi Laut Hitam, 31 Oktober-1 Nopember 2009. Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama KBRI Sofia dengan Lighthouse Golf & Resort dan Mercedez Bens Bulgaria. Berita gempa bumi di Sumatera Barat yang ditayangkan berbagai media massa di Bulgaria mendorong Direktur Eksekutif Lighthouse Golf & Resort, Georgi Tchouklev, yang juga memiliki hotel bintang 5 yang rencananya akan diisi dengan berbagai produk Indonesia dan diresmikan awal tahun 2011, melakukan kerjasama dengan KBRI Sofia menyelenggarakan kegiatan tersebut. Selain sebagian dari green fee, dana kemanusiaan tersebut juga terkumpul dari hasil lelang, antara lain lukisan Bali sumbangan dari Dubes RI yang terjual EUR 220,-

 

Dana kemanusiaan juga terkumpul dari Darma Wanita Persatuan KBRI Sofia dari Crhrismast Charity Bazaar yang diselenggarakan di Wisma Duta Sofia, 15 Desember 2009, bekerjasama dengan Pemkot Sofia dan majalah Bulgarian Diplomatic Review serta media massa setempat. Berbagai produk kerajinan tradisional batik seperti selendang, dompet, baju, tatakan gelas, pembatas buku, yang dijual DWP KBRI Sofia berhasil mengumpulkan dana sejumlah USD 500,-. Bazaar juga dimeriahkan oleh pertunjukan Tari Ngarojeng yang ditampilkan oleh grup tari binaan KBRI, Pesona Mawar Nusantara, dan lagu serta tarian tradisional Bulgaria yang dibawakan oleh Folklore Dance Ensemble dari Municipality Institute of Culture ‘Sredetz’.

 

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, dana kemanusiaan juga diperoleh dari sumbangan corps diplomatic di Sofia yang tersentuh oleh bencana gempa bumi dimaksud, antara lain dari Dubes Austria di Sofia, Klaus Fabjan (sumber: KBRI Sofia).