Dubes RI Sampaikan Ceramah Mengenai ASEAN Kepada Calon Diplomat Bulgaria

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

ASEAN memainkan peranan penting di dunia dalam turut menjaga perdamaian dan mendorong kerjasama internasional dan telah berhasil mengembangkan hubungan kerjasama eksternal dan kemitraan yang sangat luas dan melibatkan major powers di dunia seperti Amerika Serikat, Rusia, Uni Eropa (UE), Jepang, China dan India. Demikian, antara lain, disampaikan Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang, kepada 25 calon diplomat Bulgaria ketika memberikan ceramah mengenai ASEAN di Kemlu Bulgaria pada tanggal 18 Juni 2010.

 

Membuka ceramahnya, dengan tema ASEAN: Development and Transformation, Dubes RI ungkapkan keberhasilan ASEAN menjadikan Asia Tenggara sebuah kawasan yang aman dan stabil secara politik dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat dinamis. Dijelaskan pula bahwa ASEAN saat ini sedang mengalami proses transisi guna memperdalam integrasi dengan target perwujudan ASEAN Community dengan tiga pilarnya (Political-Security Community, Economic Community dan Socio-Cultural Community) di tahun 2015 dengan berlakunya ASEAN Charter sejak Desember 2008. Sebagai salah satu negara pendiri ASEAN, Indonesia menjadikan ASEAN sebagai corner stone politik luar negerinya dan berkomitmen untuk terus berperan aktif memainkan leading role untuk menjadikan ASEAN sebagai rule-based, effective and people-centered organization. Berlakunya Charter telah menjadikan ASEAN dari suatu loose association menjadi a rule-based organization serta memberikan legal status untuk ASEAN. Ditekankan arti penting ASEAN dalam peningkatan hubungan dan kerjasama Indonesia-Bulgaria mengingat keanggotaan Bulgaria dalam UE sejak Januari 2007, terutama melalui kerangka kemitraan wicara ASEAN dengan UE serta ASEM, Sekretariat ASEAN berada di Jakarta, Kedubes Bulgaria berada di Jakarta dan merangkap 3 negara ASEAN lainnya (Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura), serta Dubes Bulgaria di Jakarta telah diakreditasi sebagai Dubes Bulgaria untuk ASEAN.

 

Sepanjang sesi, para calon diplomat Bulgaria mengikuti dengan antusias paparan yang diberikan Dubes RI. Dalam diskusi dan tanya-jawab, dengan aktif mereka menanyakan hal-hal terkait dengan masa depan integrasi ASEAN serta kerjasama ASEAN dengan UE. Direktur Diplomatic Institute Kemlu Bulgaria, Tanya Mihaylova, menyatakan bahwa ceramah dimaksud merupakan bagian dari pelatihan diplomatik dasar yang diselenggarakan Diplomatic Institute untuk membekali para calon diplomat Bulgaria. Disampaikan keyakinannya bahwa ceramah tersebut akan meningkatkan pemahaman para calon diplomat Bulgaria mengenai peran ASEAN dalam politik internasional yang sangat perlu mereka ketahui. Di Bulgaria terdapat dua perwakilan negara anggota ASEAN, yaitu Indonesia dan Vietnam (sumber: KBRI Sofia).

 

* * *

 

Keterangan foto: Dubes RI (kiri) dan Direktur Diplomatic Institute, Tanya Mihaylova (kanan)