Bulgaria ingin tingkatkan kerjasama hankam dengan Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bulgaria memandang Indonesia sebagai negara besar yang memainkan peranan penting di ASEAN, ASEM dan dunia internasional. Demikian diungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) Bulgaria yang baru, Letjen (Purnawirawan) Anyu Angelov, saat menerima kunjungan kehormatan Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang, pada tanggal 3 Maret 2010. Dalam pertemuan yang berlangsung dengan hangat dan penuh persahabatan tersebut, Menhan Bulgaria didampingi, antara lain, oleh Deputi Menhan Dr. Valentin Radev, Chef de Cabinet Mr. Jordan Bozhilov dan Direktur Kebijakan Hankam Kolonel Radostin Iliev.

                           

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI menyampaikan selamat atas pengangkatan Menteri Angelov sebagai Menhan Bulgaria. Menteri Angelov yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Menhan pada bulan Januari 2010 diangkat menjadi Menhan menggantikan Nickolay Mladenov yang kini menjadi Menlu Bulgaria.

 

Menhan Bulgaria menyampaikan salam hangatnya kepada Menhan RI. Ditambahkan bahwa dirinya berharap dapat bertemu dengan Menhan RI pada kesempatan baik yang ada untuk membicarakan peningkatan kerjasama hubungan bilateral RI-Bulgaria di bidang hankam dan berdiskusi serta bertukar pandangan dengan Menhan RI mengenai security outlook di masing-masing kawasan. Ditambahkan bahwa Bulgaria ingin belajar banyak dari Indonesia yang dipandang memiliki kebijakan hankam yang baik, terutama dalam turut memelihara perdamaian dan kestabilan di kawasan Asia Tenggara.

 

Dubes RI menambahkan bahwa kerjasama di bidang hankam, selain merupakan bidang kerjasama yang sangat strategis, juga memiliki elemen ekonomi dalam pembangunan kedua negara seperti joint production senjata, arsenal dan kendaraan militer. Keduanya sepakat untuk terus berupaya meningkatkan kerjasama RI-Bulgaria di bidang hankam, termasuk untuk mendorong keikutsertaan delegasi resmi dan pengusaha pada masing-masing defense expo, yaitu Indo Defense Expo 2010 di Jakarta dan Hemus Defense Expo 2010 di Plovdiv, Bulgaria. Pada  Indo Defense Expo 2008, 19-22 Nopember, Delegasi Bulgaria yang dipimpin Deputi Menhan saat itu, Spas Panchev, berpartisipasi dengan 6 perusahaan industri pertahanan Bulgaria. Menhan Bulgaria juga mendukung adanya kegiatan saling berkunjung antara pejabat sipil dan perwira militer Kemhan RI dan Bulgaria, bahkan saling kunjung antar military cadet, serta kerjasama antar rumah sakit dan museum militer kedua negara.

 

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI menyampaikan cindera mata kepada Menhan Bulgaria berupa wayang Pandawa Lima.