Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Indonesia - Singapura

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada hari Minggu 30 Oktober 2011, Bapak Fachry Sulaiman selaku Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Singapura telah menerima rombongan PPAN Indonesia–Singapura c.q. Sawahlunto, Sumatera Barat yang diikuti oleh 18 orang peserta berasal dari pelajar SMA/SMK/MA kota Sawahlunto, dan ditambah dengan 2 (dua) orang pendamping. Program PPAN ini merupakan inisiatif masyarakat, dalam hal ini Persatuan Minangkabau Singapura (PMS) yang terdaftar di Singapore Register. PMS bekerjasama dengan Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Program PPAN yang telah berlangsung 5 (lima) tahun ini mendapatkan respon positif dari masyarakat Singapura keturunan Minangkabau. Dengan program ini diharapkan pelestarian nilai-nilai budaya leluhur mereka tetap terjaga. Program tersebut merupakan kelanjutan dari program Friendship City kerjasama pertukaran pemuda kota Sawahlunto dengan PMS yang bertujuan untuk mengenal dan mempelajari negara Singapura dan kota Sawahlunto. Rombongan PPAN tersebut diantar langsung oleh Presiden PMS, Bapak Irianto Safari dan Project Officer PPAN Bapak Johan Datuk Rajo Sempono dari PMS.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Fachry menyampaikan bahwa program pertukaran pemuda ini harus benar-benar dipahami dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh semua peserta agar tujuan yang hendak dicapai dapat diperoleh oleh peserta. Selain itu, perwakilan Walikota Sawahlunto menyampaikan sertifikat keikutsertaan PPAN bagi peserta yang telah selesai menjalankan program tersebut pada bulan Juli 2011 di Sawahlunto. Pelaksanaan acara tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dengan para peserta. Peserta diantaranya menanyakan mengenai sistem lalu-lintas di Singapura, peran dan fungsi dari perwakilan KBRI Singapura, dan sikap disiplin masyarakat Singapura. Kemudian acara dilanjutkan dengan makan siang, sesi foto, dan penampilan kesenian oleh para peserta.