TARI SAMAN GUNCANG INDONESIAN CULTURAL PERFORMANCE DI NINGBO, PRC

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Gerakan cepat berirama beriringan dengan teriakan khas Aceh bersahutan mewarnai penampilan tarian Saman yang dibawakan oleh mahasiswa Indonesia di Universitas Ningbo. Lima belas penari dengan energik membawakan tarian lengkap Saman selama 15 menit yang mampu memukau pengunjung acara ‘Indonesian Culture Performance’ yang diselenggarakan di Universitas Ningbo tanggal 1 Juni 2013.

Sambutan meriah serta tepuk tangan terdengar selama tari Saman tersebut ditampilkan yang merupakan bintang penampilan pada malam acara seni itu. Standing applause diberikan penonton kepada grup tari yang selama 4 bulan berlatih keras menyempurnakan gerakan-gerakan Saman.

Konjen RI Shanghai menyampaikan apresiasinya terhadap kreativitas seni mahasiswa Indonesia di Universitas Ningbo dalam menampilkan kebudayaan Indonesia kepada mahasiswa China dan asing serta masyarakat sekitar Universitas Ningbo.

Konjen RI mengharapkan kiranya semangat budaya para mahasiswa Indonesia ini juga sebanding dengan semangat mereka untuk menghasilkan prestasi yang baik di bidang studi. Ditekankan pula bahwa acara kesenian ini merupakan salah satu instrumen people-to-people contact yang dapat mengeratkan hubungan Indonesia – RRT.

Selain tari Saman, para mahasiswa Indonesia juga menampilkan kreasi seni lainnya berupa penampilan tari Merak yang membuat kagum Vice President Universitas Ningbo akan keluwesan gerakan tari dan keindahan kostumnya.

Selain itu juga ditampilkan Fashion Show pakaian daerah Indonesia yang dibawakan oleh para mahasiswa asing Universitas Ningbo, paduan suara serta pertunjukkan band. Keseluruhan pertunjukkan seni tersebut yang dibawakan oleh para mahasiswa Indonesia mampu menghibur sekitar lebih kurang 1.000 pengunjung yang memadati tempat pertunjukkan.

Kegiatan seni ‘Indonesian Cultural Performance’ ini merupakan pertama kali diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Tingkok – Ningbo (PERMIT – Ningbo) sebagai upaya untuk menyalurkan kreativitas seni para mahasiswa Indonesia sekaligus untuk mempromosikan budaya Indonesia di Ningbo.

Pertunjukkan ini didukung oleh pimpinan Universitas Ningbo yang hadir pada acara tersebut. Kegiatan ini direncanakan untuk dilaksanakan setiap tahun dengan melibatkan seluruh mahasiswa Indonesia di kota Ningbo.  (Sumber: KJRI Shanghai/fd)