Shanghai Kuatkan Kerjasama Dengan Jakarta dan Yogyakarta

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Delegasi Pemerintah Kota Shanghai telah melakukan kunjungan ke Jakarta dan Yogyakarta, pada tanggal 11 – 14 Oktober 2013 untuk menjalin dan meningkatkan kerjasama kota Shanghai dengan Jakarta dan Yogyakarta, serta melakukan penandatangan Letter of Intent (LOI) on Friendly Relations dengan kedua kota tersebut.

 

Delegasi Shanghai tersebut terdiri dari 8 orang yang dipimpin oleh H.E. Mme. Yin Yicui, Ketua Standing Committee of Shanghai Municipal People’s Congress yang pada kesempatan pertama melakukan kunjungan kehormatan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bapak Basuki Purnama Tjahja pada tanggal 11 Oktober 2013 di Balai Kota DKI Jakarta, yang dilanjutkan dengan penandatangan LOI Jakarta – Shanghai.

 

Ketua DPR Kota Shanghai menyampaikan harapannya agar kerjasama kedua kota dapat terbuka dan mulai dijajaki di masa mendatang. Ditambahkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta bahwa kerjasama kedua kota dapat mulai dijajaki di sektor tata pengelolaan sampah, perpustakaan, kebudayaan dan pariwisata.

 

kunjungan kehormatan ke Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Bapak Sri Sultan Hamengkubuwono X yang berlangsung di Istana Yogyakarta pada tanggal 12 Oktober 2013 dimana pada kesempatan tersebut Ketua DPR Kota Shanghai menyampaikan undangan untuk dapat berkunjung ke Shanghai yang disambut baik Gubernur DI Yogyakarta untuk dapat direalisasikan pada semester pertama tahun 2014. Pada kesempatan ini pula Gubernur DI Yogyakarta menyampaikan terima kasih kepada Konsul Jenderal RI Shanghai yang telah mengupayakan hubungan kerjasama dan LOI antar Pemprov DI Yogyakarta dengan kota Shanghai. 

 

Selain kegiatan kunjungan resmi dan penandatangan LOI di Jakarta dan Yogyakarta, Delegasi Pemerintah Kota Shanghai juga melakukan kegiatan peresmian kerjasama OTT (over the top) set top box antara Shanghai BesTV dan Telkom Indonesia. Peresmian dilakukan oleh Ketua DPR Kota Shanghai bersama Konjen RI Shanghai di Shangri-La Hotel, Jakarta pada tanggal 11 Oktober 2013.

 

Kerjasama ini memungkinkan Shanghai BesTV memasukkan program tayangan TV mereka ke Indonesia melalui jaringan TV online Telkom Indonesia. Diharapkan pada tahun 2014, Telekom Indonesia juga dapat memasukkan program TV Indonesia ke layanan TV di Shanghai melalui Shanghai BesTV(Sumber: KJRI Shanghai/fd).