Pertemuan Konjen RI Shanghai ke Walikota Yiwu

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Konjen RI Shanghai, Kenssy D. Ekaningsih,  telah melakukan kunjungan ke kota Yiwu pada tanggal 21 – 22 Maret 2013 dan melakukan pertemuan resmi dengan Walikota Yiwu, Mr. He Meihua. Pertemuan membicarakan mengenai upaya bersama untuk meningkatkan hubungan kedua negara di berbagai bidang, termasuk rencana pembentukan friendship city antara kota Medan dengan kota Yiwu.

Pada kesempatan pertemuan tersebut, Konjen RI menyampaikan bahwa pembentukan friendship city antara Medan dan Yiwu dapat menjadi salah satu pintu untuk membuka dan memperluas hubungan dagang antara kota Yiwu dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Diharapkan terbukanya hubungan dagang ini dapat memperkuat strategic partnership antara Indonesia dan RRT, tidak hanya dalam bidang perdagangan tapi juga bidang-bidang lainnya, seperti budaya dan pariwisata.

Walikota Yiwu menyambut baik kedatangan Konjen RI dan mendukung penuh pembentukan friendship city seraya menambahkan bahwa produk-produk Indonesia yang berkualitas bagus sangat cocok untuk konsumen masyarakat di Yiwu.

Walikota Yiwu mengharapkan agar kunjungan ini dapat memperluas kesempatan bagi para mitra bisnis dan investor Yiwu untuk melakukan kontak dengan mitranya di Indonesia. Saat ini Yiwu memiliki fasilitas gedung untuk perdagangan internasional yang bernama International Trade Mart yang sangat luas yang dapat dimanfaatkan oleh pengusaha Indonesia untuk melakukan bisnis dengan mitra mereka di Yiwu.

Pada akhir pertemuan, Konjen RI menyampaikan informasi mengenai sejumlah kegiatan promosi ekonomi dan investasi yang akan diselenggarakan oleh KJRI Shanghai dan mengundang Walikota Yiwu serta pelaku bisnis dan investasi di kota Yiwu untuk berpartisipasi dalam acara dimaksud.

Kunjungan Konjen RI ke kota Yiwu, selain untuk melakukan pertemuan resmi dengan Walikota Yiwu juga dimanfaatkan untuk melihat langsung fasilitas International Trade Mart yang memperdagangkan sekitar 1,7 juta jenis barang yang setiap harinya didatangi oleh sekitar 210.000 penjual dan pembeli, melakukan pertemuan dengan Direktur Foreign Office Affairs Yiwu, serta mengunjungi tempat arsitektur kuno bersejarah di Yiwu. (Sumber: KJRI Shanghai/Pensosbud)