Konjen RI Shanghai bertemu Masyarakat Indonesia di Ningbo

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Konjen RI Shanghai, Kenssy D. Ekaningsih, didampingi Fungsi Pensosbud telah bertemu dengan sekitar 50 masyarakat dan mahasiswa/pelajar Indonesia di kota Ningbo, Propinsi Zhejiang pada tanggal 30 Maret 2013. 

Pertemuan ini dilakukan untuk bersilahturahmi dan berbincang langsung dengan masyarakat Indonesia guna mengetahui kondisi kehidupan mereka di kota tersebut sebagai wujud dari pembinaan masyarakat Indonesia di wilayah akreditasi KJRI Shanghai.

Pada kesempatan pertemuan tersebut, Konjen RI menyampaikan rasa gembiranya telah  bertemu dengan masyarakat Indonesia di Ningbo seraya menambahkan kiranya masyarakat Indonesia dapat memupuk persatuan diantara mereka serta tidak berbuat hal yang merugikan selama tinggal di Ningbo.

Konjen RI juga menyampaikan pesan khususnya kepada para mahasiswa / pelajar di Ningbo agar mereka dapat belajar dengan baik serta menunjukkan prestasinya di tempat kuliah mereka masing-masing.

Pertemuan berlangsung dengan santai dan akrab dimana masyarakat Indonesia Ningbo menyampaikan kegembiraannya dapat dikunjungi dan bertemu dengan Konjen RI dan berharap Konjen RI dapat sering mengunjungi mereka di Ningbo.

Selain bertemu dengan masyarakat Indonesia, kunjungan ini dimanfaatkan oleh Konjen RI untuk dapat melihat ketrampilan bermain musik gamelan mahasiswa China di Universitas Ningbo.

Musik gamelan telah menjadi salah satu mata kuliah di college of Arts Universitas Ningbo dan ketrampilan bermain musik gamelan tersebut diajarkan oleh seorang dosen warga negara Indonesia dengan menampilkan sejumlah lagu, diantaranya Gugur Gunung dan Walangkeke yang dimainkan dengan baik oleh para mahasiswa setempat.

Kunjungan selama dua hari tersebut juga dimanfaatkan untuk melihat langsung latihan tari para mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Indonesia Tingkok (PERMIT) cabang Ningbo untuk mempersiapkan acara ‘Indonesia Culture Performance’ yang akan diselenggarakan pada bulan Juni 2013.

Selain itu juga bertemu dengan dekan college of arts dan dekan international college Universitas Ningbo yang antara lain membahas mengenai kemungkinan dilakukannya penjajakan pembentukan sister university antara universitas Ningbo dengan universitas di Indonesia.

Saat ini Universitas Ningbo telah melakukan kerjasama dengan Universitas Binus di Indonesia untuk program bisnis administrasi. Saat ini terdapat sekitar 160 mahasiswa yang sedang belajar di sejumlah universitas di Ningbo. (Sumber: KJRI Shanghai/fd)