Kenssy D. Ekaningsih Menyampaikan Simpati Terhadap Korban Gempa di Lushan County

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Rakyat Indonesia turut berduka atas gempa berkekuatan 7.0 skala richter di kota Ya’an, Kabupaten  Lushan, Provinsi Sichuan yang telah menelan korban jiwa sebanyak 193 orang, 25 orang hilang dan 12.211 terluka. Hal ini dikemukakan Konsul Jenderal RI Shanghai, Kenssy D. Ekaningsih kepada Direktur Jenderal Foreign Affairs Office (FAO) Shanghai, Li Mingjun pada saat courtesy call pada tanggal 23 April 2013. Konjen RI juga menyatakan apresiasinya atas bantuan FAO Shanghai dalam proses pembukaan KJRI Shanghai.

Li Mingjun menyatakan dirinya optimis dengan dibukanya KJRI Shanghai akan dapat meningkatkan level kerjasama Indonesia dan RRT, khususnya Shanghai, Zhejiang dan Jiangsu di berbagai bidang. Li Mingjun juga secara positif melihat banyaknya potensi besar yang dapat digali di Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN dengan tingkat pertumbuhan ekonomi rata-rata 6% pertahun dan populasi nomor 4 di dunia.

Pada pertemuan juga dibahas mengenai upaya meningkatkan kerjasama sister province antara Shanghai dengan Jawa Timur. Kedua provinsi memiliki tingkat populasi yang tinggi. Shanghai 24 juta orang sedangkan Jawa Timur 37 juta orang. Disamping itu, dengan tingginya intensitas business-to-business contact yang dimotori oleh komunitas Indonesia Chinese, dapat dipastikan kerjasama ekonomi antara Shanghai dan Jawa Timur juga akan semakin meningkat.

Program lain yang sedang diinisiasi ialah Window of Shanghai. Program ini dipelopori oleh Shanghai Library dengan memberikan buku kepada negara sister city/province. Tahun ini, program Window of Shanghai akan dilaksanakan di Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta dan Sumatera Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Konjen RI secara langsung mempromosikan alat musik tradisional Indonesia melalui penyerahan token berupa miniatur angklung. (Sumber:KJRI Shanghai/Protkons)