Kegiatan Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-68

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68, KJRI Shanghai telah melakukan kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2013 bertempat di ruangan indoor, Hotel Millennium Hongqiao Shanghai. Kegiatan upacara dimulai tepat pukul 11.00 (pukul 10.00 WIB) dan yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Ibu Konsul Jenderal RI Shanghai, Kenssy D. Ekaningsih, yang dihadiri oleh seluruh staf dan keluarga KJRI serta seluruh lapisan masyarakat Indonesia di Shanghai.
 
Upacara bendera telah berlangsung dengan baik dan lancar serta diikuti secara khidmat oleh sekitar 175 masyarakat Indonesia yang terdiri dari kalangan professional, pengusaha, pelajar/mahasiswa, istri ekspatriat serta huaqiao (merupakan orang Indonesia keturunan Tionghoa yang harus kembali ke RRT pada tahun 1950). Sekitar 40 huaqiao datang pada kegiatan ini yang semuanya sudah lanjut usia namun masih menunjukan nasionalisme dan kecintaannya terhadap Indonesia sebagai tanah kelahirannya.
 
Setelah selesainya kegiatan upacara bendera, acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng sebagai bentuk syukur atas HUT RI yang sudah memeasuki usia ke-68, serta penyerahan simbolis angklung kepada huaqiao. KJRI Shanghai telah merencanakan untuk memberikan seperangkat angklung kepada perkumpulan ini sebagai bentuk promosi Indonesia dan dukungan bagi kegiatan mereka yang menampilkan kebudayaan Indonesia di wilayah kerja.
 
Kegiatan upacara bendera juga dimanfaatkan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan PANTARLIH LN KJRI Shanghai untuk menyampaikan sosialisasi Pemilu 2014. Pada kesempatan tersebut PPLN dan Pantarlih menghimbau kepada masyarakat Indonesia di Shanghai untuk menggunakan hak pilihnya dan segera mendaftar atau memperbaiki data diri mereka di PANTARLIH. Berdasarkan data yang terhimpun untuk diverifikasi, jumlah masyarakat Indonesia yang eligible untuk mengikuti Pemilu 2014 adalah sekitar 1.475 orang.
 
Kegiatan upacara bendera ini merupakan kegiatan pertama kali dilakukan oleh KJRI Shanghai semenjak mulai beroperasi penuh pada bulan Agustus 2012. Kegiatan ini sangat positif dilaksanakan untuk memupuk persatuan dan kesatuan serta meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia yang tinggal di Shanghai dan sekitarnya. (Sumber:KJRI Shanghai/fd)