Indonesia Trade, Tourism and Investment Forum Wuxi 23 Juli 2013

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai bersama dengan seluruh Perwakilan RI di RRT mengadakan kegiatan “Trade, Tourism, and Investment Forum”. Kegiatan ini diadakan pada 22 – 24 Juli 2013 bertempat di Sheraton Wuxi Binhu Hotel, Provinsi Jiangsu, China. Kegiatan diawali dengan courtesy call Delegasi Indonesia ke Act Walikota Wuxi, Mr. Wang Quan,  pada 22 Juli 2013. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Kuasa Usaha KBRI Beijing, Wisnu E. Pratignyo didampingi Konsul Jenderal RI di Shanghai, Act. Konsul Jenderal RI di Guangzhou, wakil dari Propinsi Jawa Timur dan  GM Garuda Indonesia di Shanghai.

 

Kegiatan TTI pada tanggal 23 Juli 2013 dimulai dengan kegiatan “One on One Business Matching” yang mempertemukan para pemimpin dan perwakilan perusahaan BUMN dan swasta Indonesia seperti Garuda Indonesia, Telkom Indonesia, Indonesian Street, PT Dutacipta Pakarperkasa, PT Multimonodon, So Bali Restaurant, Badan Penanaman Modal Jawa Timur, VITO Guangzhou, dan Shanghai Injoy Co., Ltd dengan mitranya dari China.

 

Kegiatan TTI selanjutnya diisi dengan kegiatan forum investasi serta forum perdagangan dan pariwisata yang diisi dengan sejumlah pemaparan dari BKPM, Kementerian Perindustrian, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Bank of China – Hongkong, Garuda Indonesia, VITO Guangzhou, dan Atase Imigrasi Indonesia di Beijing.

 

Kegiatan TTI diakhiri dengan Gala Dinner yang mempertunjukkan kesenian dari Indonesia dan kota Wuxi. Pertunjukkan kesenian ini dimaksudkan untuk mempererat dan meningkatkan hubungan kerjasama kedua negara melalui seni dan budaya daerah masing-masing. Grup tari Yingde dan grup tari Wuxi juga mengisi acara yang dihadiri oleh 200 orang tamu undangan. Tak luput, lagu Es Lilin dan Tian Mi Mi dimainkan dengan alat musik angklung yang juga merupakan salah satu warisan budaya internasional.


Hubungan ekonomi Wuxi dan Indonesia di bidang ekonomi, khususnya di bidang investasi telah terjalin sejak tahun 1992 di mana perusahaan Wuxi berinvestasi di Indonesia. Hingga saat ini tengah terdapat 10 perusahaan Wuxi yang berinvestasi di Indonesia, terutama di sektor tekstil, elektronik, besi baja, energi terbarukan, mesin produksi, dan pariwisata. Sebagai negara terbesar di ASEAN, Indonesia dapat meningkatkan kerjasama ekonomi dengan Wuxi di sektor potensial tersebut. Semester pertama tahun 2013, telah terdapat 37 proyek investasi dari Indonesia di Wuxi. Total ekspor impor Wuxi – Indonesia mencapai 448 juta dolar Amerika, meningkat 3,16% dari tahun sebelumnya; di antaranya terdapat total ekspor Wuxi sebesar 344 juta dolar Amerika.  (Sumber: KJRI Shanghai/fd)