Pertandingan Sepakbola Antar Tim Pekerja Migran Indonesia di Korea Selatan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tim Sepak Bola Pesona FC dari kota Changwon telah berhasil menjuarai Turnamen Sepak Bola GARUDA CUP VI yang diadakan oleh Masyarakat Indonesia dan Migrant Shelter di kota Daegu pada tanggal 18 Oktober 2009. Tim ini membawa pulang Piala Bergilir Duta Besar RI Seoul dan sejumlah uang hadiah.

GARUDA CUP adalah turnamen sepak bola tahunan antar tim TKI yang sudah berlangsung 6 (enam) kali sejak tahun 2004. Tahun 2009 ini, 14 (empat belas) tim sepak bola TKI dari berbagai kota di Korea Selatan telah berpartisipasi dalam turnamen yang juga dihadiri ratusan WNI/TKI supporter yang datang dengan bus-bus sewaan.

Duta Besar RI Seoul, Nicholas T. Dammen yang membuka turnamen ini secara resmi menyatakan bahwa KBRI Seoul sangat mendukung setiap kegiatan positif yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, termasuk turnamen sepak bola. Selanjutnya Bapak Duta Besar dalam sambutan pembukaannya menyampaikan pesan agar para WNI/TKI dapat menjaga citra, persatuan dan kesatuan Republik Indonesia serta dapat mematuhi hukum yang berlaku.

Menurut Panitia Penyelenggara, turnamen Sepak Bola GARUDA CUP tahun 2009 ini membawa kesan khusus bagi masyarakat karena kehadiran Duta Besar RI Seoul. Sejumlah warga masyarakat di sela-sela pertandingan telah mendapat kesempatan berdialog langsung dengan Duta Besar RI untuk menyampaikan pendapatnya mengenai pelayanan masyarakat di KBRI. Pada umumnya warga masyarakat menghargai apa yang telah dilakukan oleh pejabat KBRI dalam melayani mereka dan mengharapkan apa yang telah dilakukan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Secara khusus mereka menginginkan agar program pelayanan “jemput bola” dapat lebih sering dilakukan di berbagai kota di Korea bagi masyarakat yang memerlukannya.

 

Acara pertandingan sepak bola GARUDA CUP di Daegu berlangsung meriah karena acara ini dimanfaatkan juga oleh WNI/TKI sebagai forum silaturahmi diantara mereka. Beberapa ormas/paguyuban membuka bazaar mini menjual buku-buku dan makanan khas Indonesia (sate). Bapak Dubes Nicholas T. Dammen bahkan bersantap siang lesehan bersama-sama dengan para WNI/TKI dengan lauk telur pindang, kering tempe dan teri yang merupakan hidangan yang dimasak oleh para TKI itu sendiri.

 

Sebagai sebuah kegiatan masyarakat, turnamen Sepak Bola GARUDA CUP VI telah berlangsung sukses dan dapat membawa kepuasan tersendiri bagi masyarakat yang hadir. Semua warga, termasuk Bapak Dubes RI telah larut dalam sorakan dan teriakan para supporter tim. Seharian penuh semua bergembira melupakan kepenatan rutinitas bekerja sehari-hari di Korea.