Pekan Promosi Indonesia di Korea Selatan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Berkembangnya minat masyarakat Korsel akhir-akhir ini untuk lebih mengenal Indonesia telah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh KBRI Seoul untuk mengadakan serangkaian kegiatan promosi Indonesia di Korsel pada tanggal 6-9 Oktober 2009. Rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari ceramah Duta Besar RI Seoul, Nicholas T. Dammen, di berbagai universitas, sekolah, yang disertai dengan pagelaran tarian Indonesia, pameran foto tentang Indonesia, dan pameran barang-barang tradisional Indonesia.

 

Selama pekan promosi tersebut, Dubes RI Seoul telah menyampaikan ceramah antara lain di Korea Foundation Cultural Center pada tanggal 6 Oktober 2009, di Namsung Elementary School pada tanggal 7 Oktober 2009, di Hankuk University of Foreign Studies pada tanggal 8 Oktober 2009, dan di Sangmyung University pada tanggal 9 Oktober 2009.

 

            Hal menarik yang perlu diamati dari rangkaian kegiatan tersebut adalah para peserta ceramah yang terdiri dari berbagai golongan masyarakat, mulai dari pelajar sekolah, para mahasiswa, kalangan akademisi dari berbagai universitas, kalangan profesional hingga ibu rumah tangga di Korsel. Hal ini menunjukkan daya tarik Indonesia di mata masyarakat Korsel tidak hanya menyentuh kalangan tertentu saja, namun menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

 

            Selain itu, dalam melakukan kegiatan promosi Indonesia tersebut, KBRI juga bekerja sama dengan berbagai instansi di Korsel, antara lain ASEAN-Korea Center, Asia Pasific Center of Education for International Understanding (APCEIU), dan berbagai universitas seperti Hankuk University of Foreign Studies dan Sakmyung University, yang menunjukkan bahwa instansi-instansi di Korsel pun berminat untuk mengenal Indonesia dan bersedia membantu KBRI untuk menyelenggarakan kegiatan promosi.

 

            Padatnya jadwal kegiatan ceramah Dubes RI di sekolah dan universitas di Korsel tersebut juga menunjukkan tingginya minat masyarakat Korsel, terutama kalangan akademisi dan kaum muda, untuk mengetahui lebih dalam tentang Indonesia. Untuk itu, Dubes RI Seoul senantiasa meluangkan waktu untuk dapat menyampaikan ceramah-ceramah tersebut, yang selain berisi pengenalan tentang Indonesia, juga informasi terkini tentang hubungan bilateral Indonesia-Korsel.