Presiden RI mengutus Mendag untuk menghadiri Pemakaman Mantan Presiden Republik Korea

10/7/2009

 
SIARAN PERS
No: 660/SOSBUD/VIII/2009
PRESIDEN RI MENGUTUS MENDAG UNTUK MENGHADIRI PEMAKAMAN MANTAN PRESIDEN REPUBLIK KOREA
 
Menteri Perdagangan RI, Dr. Mari E. Pangestu, selaku Utusan Khusus Presiden RI mewakili Pemerintah Indonesia, telah tiba di Seoul pada hari Minggu, 23 Agustus 2009 pagi untuk menghadiri upacara pemakaman mantan Presiden Korea Selaran, Kim Dae Jung, pada hari yang sama.
 
Selain menghadiri upacara pemakaman, Menteri erdagangan RI yang didampingi Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Nicholas T. Dammen, juga bertemu dengan Presiden Korsel, Lee Myung Bak, untuk menyampaikan secara langsung ungkapan tertulis belasungkawa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas nama segenap rakyat dan bangsa Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden Kim Dae Jung.
 
Menteri Perdagangan juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Korsel, Kim Jong Hoon, yang antara lain membahas isu masa depan negosiasi WTO, kerjasama G-20, notifikasi ASEAN-ROK FTA ke WTO, peluang investasi otomotif, dan industri elektronik Korsel di Indonesia.
 Pada hari Senin, 24 Agustus 2009, Mendag melakukan pertemuan bisnis dengan CEO/chairman dari 20 perusahaan terkemuka Korsel yang dipimpin oleh Ketua Korea Chamber of Commerce and Industry.
 
Upacara pemakaman kenegaraan mantan Presiden yang telah banyak berjasa untuk demokratisasi HAM serta usaha rekonsiliasi dan proses reunifikasi antara kedua Korea ini dihadiri oleh Presiden LMB dan PM Korsel serta para mantan Presiden ROK dan sejumlah Utusan Khusus dari berbagai negara antara lain Amerika Serikat, China, Jepang, dan Indonesia. Bahkan Pemimpin Besar Korea Utara, Marsekal Kim Jong Il, mengirimkan lima orang utusannya untuk menyampaikan penghormatan atas nama rakyat dan pemerintah Korea Utara.
 
Jenasah Kim Dae Jung yang meninggal dunia hari Selasa, 18 Agustus 2009 dimakamkan dengan suatu upacara pemakaman kenegaraan yang dipimpin oleh Perdana Menteri Korsel, Han Seung Soo, bertempat di Gedung Nasional Assembly sebelum dibawa ke Pemakaman Nasional di Dongjak-dong, sebelah selatan kota Seoul.
 
Presiden Kim Dae Jung merupakan mantan Presiden Korsel kedua yang dimakamkan dengan upacara kenegaraan setelah presiden Park Chung Hee yang ditembak mati pada tahun 1979. Almarhum Presiden Kim Dae Jung wafat pada usia 85 tahun akibat penyakit pneunomia yang selama ini dideritanya dan meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

 
Seoul, 23 Agustus 2009