Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H di Korea Selatan

10/7/2009

 

SIARAN PERS

NO : 800/SOSBUD/IX/2009

PERAYAAN HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1430 H DI KOREA SELATAN

 

 

Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H yang jatuh pada hari Minggu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat Indonesia di Korea Selatan yang sebagian besar merupakan para pekerja migran tersebut. Sejak sehari sebelum lebaran, ratusan masyarakat Indonesia telah berduyun-duyun datang ke KBRI Seoul untuk mengikuti malam takbiran dan mempersiapkan perayaan Idul Fitri tersebut.

 

Keakraban dan kerjasama tampak terjalin dengan harmonis di antara masyarakat tersebut tanpa membedakan status masing-masing, baik sebagai staf KBRI, pelajar, pekerja, maupun ibu-ibu rumah tangga dari keluarga mixed marriage, semua bahu membahu untuk membantu persiapan Idul Fitri tersebut.

 

Puncak keramaian di KBRI Seoul tampak pada saat Shalat Ied yang dihadiri oleh lebih dari 4000 jemaah. Meksipun demikian, para jemaah tersebut tampak teratur dan tertib mengikuti Shalat Ied, termasuk ikut berpartisipasi mempersiapkan segala sesuatunya di KBRI Seoul untuk acara tersebut.

 

Dalam kata sambutannya untuk menyambut perayaan Idul Fitri tahun ini, Duta Besar RI Seoul, Nicholas T. Dammen menghimbau agar masyarakat Indonesia di Korea Selatan tetap bersyukur dan jangan melupakan saudara-saudara di tanah air yang nasibnya masih kurang beruntung, serta khususnya bagi para TKI agar memanfaatkan masa kerja mereka di Korsel agar pengalaman mereka dapat menjadi modal bagi hidup mereka di kemudian hari. Dubes RI Seoul juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat baik dari Organisasi Dharma Wanita Persatuan, pelajar, dan pekerja yang telah bahu membahu untuk mensukseskan perayaan Idul Fitri tahun ini.

 

Seusai Shalat Ied, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan siang bersama di  wisma Duta KBRI Seoul.

 

                                                                    Seoul, 20 September 2009