Ucapan Selamat Tahun Baru Duta Besar RI Seoul untuk KBS The World Radio

12/31/2009

 

UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU

DUTA BESAR RI SEOUL

UNTUK KBS THE WORLD RADIO

 

Masyarakat Indonesia di Korea Selatan,

Para pendengar KBS The World Radio di manapun Anda berada,

 

Sebagai Kepala Perwakilan RI di Seoul, perkenankanlah saya mengucapkan Selamat Tahun Baru 2010 kepada masyarakat Indonesia pendengar KBS The World Radio Siaran Berbahasa Indonesia.

 

Sepanjang tahun 2009 bangsa Indonesia telah mengalami berbagai masalah dalam negeri dan bencana alam, namun bangsa Indonesia juga sudah berhasil menyelenggarakan pemilu secara aman dan damai dan mendapatkan pujian dari masyarakat di manca negara, termasuk dari Korsel. Hal ini sangat membanggakan masyarakat Indonesia yang tinggal di manca negara karena membuktikan Indonesia sebagai negara besar yang demokratis dan terus berkembang secara lebih baik dalam tahun tahun terakhir. Diharapkan agar perkembangan positif ini terus terwujud dan terpelihara pada tahun-tahun mendatang.

 

Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan sekilas hubungan Indonesia-Korsel, terutama pada tahun 2009. Indonesia-Korsel memiliki hubungan yang berjalan dengan baik dan semakin lama semakin meningkat, meskipun diwarnai dengan kesulitan krisis keuangan. Indonesia menduduki peringkat ke-12 sebagai negara tujuan ekspor Korsel dan peringkat ke-9 sebagai negara pengimpor. Nilai perdagangan Indonesia - Korsel meningkat dari tahun ke tahun dan selalu surplus untuk Indonesia. Pekerja Indonesia di Korsel, meskipun dalam situasi krisis keuangan global, ternyata tetap dapat bertahan dan tidak segera dipulangkan, malahan mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Korsel. Jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Korsel juga terus mengalami peningkatan. Meskipun jumlahnya tidak bertambah dengan drastis, namun hal ini menunjukkan peningkatan hubungan Indonesia- Korea yang tidak hanya dalam bidang ekonomi, namun juga dalam bidang sosial budaya.

 

Jumlah masyarakat Indonesia di Korsel terus bertambah menjadi sekitar 30 ribu orang dan demikian juga sebaliknya, jumlah masyarakat Korsel yang tinggal di Indonesia juga terus bertambah dalam jumlah yang kurang lebih sama, menjadikan masyarakat Korsel sebagai komunitas asing terbesar di Indonesia. Beberapa perusahaan raksasa Korea yang telah menanamkan modalnya di Indonesia antara lain LG, Samsung, Ssangyong, dsb, membuat Korsel makin dikenal di Indonesia.

 

Sehubungan dengan hal tersebut, KBRI Seoul senantiasa melakukan upaya-upaya aktif dalam mempromosilkan budaya dan potensi Indonesia di Korsel, dan terus mendukung upaya peningkatan hubungan di antara kedua negara.

 

Akhir kata, perkenankanlah saya untuk sekali lagi mengucapkan Selamat Tahun Baru 2010. Semoga tahun yang baru ini dapat menjadi momentum untuk peningkatan hubungan antar kedua negara yang lebih menguntungkan bagi kedua pihak.

 

                                                   Seoul, 31 Januari 2009