Sambutan Duta Besar RI di Seoul Pada Acara Pelayanan Kekonsuleran “Jemput Bola” Daegu, 30 Januari 2011

7/13/2011

 

SAMBUTAN DUTA BESAR RI DI SEOUL

PADA ACARA PELAYANAN KEKONSULERAN “JEMPUT BOLA”

DAEGU, 30 JANUARI 2011

 

Bapak-bapak, Ibu-ibu  

Saudara-saudari

dan adik-adik semua

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh  

Salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama kami ucapkan Selamat Tahun Baru 2011 bagi kita semua, di tahun ini mari kita semua tingkatkan semangat, kerja keras, disiplin, dan etos kerja yang lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Kami ucapkan pula selamat datang dan terima kasih kepada rekan-rekan TKI, terutama Pengurus Musholla Al Amien Daegu yang telah memberikan dukungansehingga kegiatan pelayanan jemput bola kali ini dapat terlaksana. Terima kasih sebesar-besarnya juga kami sampaikan kepada saudara-saudara yang telah meluangkan waktu untukhadir dalam acara kali ini berkenaan sebagai upaya saudara-saudara sekalian untuk menjadiwarga negara yang baik dan tertib administrasi, dengan memiliki dokumen kewarganegaraanyang lengkap.

Bapak/Ibu/Sdr/Sdri sekalian,

Kegiatan pelayanan jemput bola di Daegu kali ini adalah kegiatan yang kesekian kalinyadilakukan sebagai salah satu bagian dari upaya KBRI untuk memberikan suatu perlindungankepada WNI/TKI yang tidak berdokumen lengkap. KBRI sendiri telah beberapa kali melaksanakan pelayanan semacam ini ke beberapa daerah kantong-kantong WNI/TKI yang lokasinya  jauh dari Seoul.

Tujuan dari pelayanan ini adalah untuk memberikan dokumentasi kepada WNI/TKI untuk mengurus berbagai keperluan, a.l. urusan perbankan dan memudahkan bagi saudara-saudara sekalian ketika harus pulang ke Indonesia. Selain itu, KBRI selalu memberikan perhatian yang besar pada masalah dokumentasi ini dalam rangka mengakomodasi WNI/TKI yang tidak bisa mengurus pelayanan pada hari kerja di KBRI Seoul.

Pada kesempatan yang sangat baik ini kami ingin sekaligus sampaikan kepada saudara-saudara agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta citra bangsa Indonesia. Mari kita perlihatkan bahwa kita sebagai warga Indonesia yang bekerja di luar negeri mempunyai suatu semangat persatuan dan kesatuan, kebersamaan, bergotong royong, membawa nama dan citra bangsa sebagai masyarakat yang berbudaya dan cinta damai. Pada kesempatan ini kami juga berharap agar rekan-rekan TKI senantiasa mentaati peraturan hukum Korea, jangan sampai terjadi perselisihan di antara sesama WNI atau juga dengan pekerja dari negara lain.

Bapak/Ibu/Sdr/Sdri sekalian,

Terkait dengan upaya optimalisasi pelayanan dan perlindungan bagi WNI/TKI yang bermukim dan bekerja di daerah Busan dan sekitarnya, kini lebih mudah dalam mengakses pelayanan kekonsuleran melalui Kantor Urusan Kekonsuleran RI (KUKRI) Busan., yang telah mulai beroperasi sejak bulan November 2010 lalu. Jarak Busan-Seoul 500 km jauhnya menimbulkan kendala biaya dan waktu yang selama ini cukup menyulitkan para WNI/TKI untuk mengurus keperluan terkait kekonsuleran ke KBRI Seoul. Sebagai bagian dari optimalisasi pelayanan dan perlindungan bagi WNI di daerah Busan dan sekitarnya yang berjumlah 10.589 orang, pembukaan KUKRI Busan merupakan suatu hal yang sangat penting dan sangat mendesak.

Dengan dibukanya KUKRI Busan yang merupakan bagian dari KBRI Seoul ini, maka diharapkan pelayanan kekonsuleran maupun perlindungan bagi WNI/TKI dapat lebih ditingkatkan lagi.  Dalam tugasnya, KUKRI Busan selain melaksanakan pelayanan kekonsuleran (pelayanan pengeluaran SPRI/Paspor/SPLP, Lapor Diri, Notariat dan Pencatatan Sipil, Masalah Kewarganegaraan, pemberian Visa dan Dokumen Keimigrasian bagi WN Korea dan Asing lainnya), juga memberikan perlindungan, penanganan pengaduan dan bantuan hukum serta pembinaan bagi WNI/TKI. Untuk awalnya KUKRI Busan akan beroperasi 2 (dua) kali dalam seminggu, yaitu pada hari Rabu dan Jum’at dari Pukul 09.00-17.00, namun dengan adanya dukungan SDM dan fasilitas dari Pusat di masa yang akan datang, diharapkan KUKRI dapat beroperasi secara rutin sebagaimana KBRI Seoul. KUKRI Busan berada di lokasi strategis , yaitu di Lantai 9 Gedung BUSAN METROPOLITAN CORPORATION, alamat: No. 384-7, Bujeon-2-dong, 138 Sincheon-ro, Busanjin-gu. Letak KUKRI Busan sangat dekat dengan akses transportasi, sehingga diharapkan semua WNI/TKI di daerah Busan dan sekitarnya, termasuk Daegu ini, untuk dapat mengakses pelayanan melalui KUKRI Busan.

Bapak/Ibu/Sdr/Sdri sekalian,

Mengingat saat ini sedang musim dingin dengan cuaca yang tidak begitu bagus, kami himbau agar rekan-rekan TKI dapat lebih berhati-hati saat bekerja dan menjaga kesehatan mengingat berbagai musibah yang akhir-akhir ini banyak dialami oleh rekan-rekan dapat menjaga tali silaturahmi dan saling membantu bagi yang sedang menderita kesulitan di antara kita semua.  

Akhir kata, harapan kami semoga acara ini berjalan lancar sampai dengan akhir. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Wassalaamu‘ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.