SAMBUTAN DUBES RI SEOUL, BAPAK NICHOLAS T. DAMMEN PADA “THANK YOU CONCERT FOR INDONESIAN WORKERS” DI KOREA WADONG GYMNASIUM ANSAN, MINGGU 24 JULI 2011

7/24/2011

 

SAMBUTAN

DUBES RI SEOUL, BAPAK NICHOLAS T. DAMMEN

PADA “THANK YOU CONCERT FOR INDONESIAN WORKERS” DI KOREA

WADONG GYMNASIUM ANSAN, MINGGU 24 JULI 2011

 

Yang saya hormati:

Perwakilan Korea Communications Commission,

Perwakilan Ministry of Culture, Sports and Tourism,

Prof. Rokhmin Dahuri,

I Net TV,

LBS TV,

SCTV,

Trikarya Alam Group,

Borderless World,

Kepala BNP2TKI, Bapak Mohammad Jumhur Hidayat beserta jajarannya,

Para Warga Indonesia yang bekerja, belajar, dan tinggal di Korea,

Para Staf dan keluarga besar KBRI Seoul, serta

Segenap hadirin yang berbahagia.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat Siang, 

Salam Sejahtera untuk kita semua,

Anyeonghaseyo.

Puji dan Syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya oleh  rahmat-Nya kita dapat berkumpul bersama di tempat ini, untuk menghadiri acara ”Thank You Concert” bagi Warga Indonesia yang bekerja di Korea yang diselenggarakan di Wadong Gymnasium, Kota Ansan ini.

Saudara-saudara yang saya hormati.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pihak penyelenggara dan seluruh pihak yang telah memberikan dukungan hingga terwujudnya acara ini. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada Ministry of Culture, Sports and Tourism serta Korea Communications Commission, yang telah memberikan dukungan yang tidak ternilai harganya, sehingga acara ini dapat terselenggara.

Acara ini adalah salah satu wujud kepedulian, pengakuan dan penghargaan Pemerintah dan masyarakat Korea terhadap keberadaan sekitar 31,000 orang warga Indonesia yang bekerja di Korea yang turut memberikan kontribusinya dalam menjalankan roda perekonomian Korea.

Hubungan bilateral antara Korea dan Indonesia dalam banyak aspek, hingga saat ini berjalan sangat baik dan konstruktif serta  saling menguntungkan.  Salah satu contohnya adalah, bahwa saat ini warga Korea yang bekerja dan berusaha di Indonesia berjumlah sekitar 40,000 orang sebagai Komunitas Internasional terbesar di Indonesia. Hal ini menunjukkan, bahwa dalam bidang ketenagakerjaan, terjalin hubungan yang sangat baik dan saling menguntungkan kedua negara.  Dengan keterlibatan para seniman dan artis ternama dari kedua negara menunjukkan hubungan Indonesia-Korea yang begitu baik, sehingga kiranya dapat dijadikan sarana saling memahami kebudayaannya satu sama lain yang selain sangat menarik,kreatif,  menghibur, juga patut mendapatkan apresiasi.

Saudara-saudara Warga Indonesia yang bekerja di Korea,

Melalui acara hiburan seperti ini, saya mengharapkan agar rutinitas dan kepenatan Saudara sekalian yang telah bekerja sehari-hari di tempat pekerjaannya masing-masing dapat sejenak dihilangkan dan dilupakan oleh acara hiburan dan jumpa bersama  dalam suasana yang rileks dan gembira. Oleh karena itu, sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea saya mengharapkan agar Saudara-saudara dapat berperan aktif dalam mengamankan, menertibkan, dan melancarkan acara ini.

Saudara-saudara sekalian,

Pada kesempatan ini, seperti yang sering saya sampaikan pada berbagai pertemuan sebelumnya, adalah agar Saudara-saudara semua, harus tetap tekun bekerja, patuhi semua kewajiban di tempat bekerja, dan hal lain yang sangat penting adalah patuhi semua peraturan dan hukum serta norma sosial yang berlaku di Korea.  Pelihara perdamaian dengan semua orang, jaga citra dan martabat bangsa Indonesia. Jauhi semua tindakan dan hal-hal yang tidak baik, termasuk mengkonsumsi minuman keras dan sebagainya.

Keberadaan saudara-saudara sekalian di Korea harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan, menambah pengalaman, ilmu, serta motivasi dan etos kerja.

Perlu saya sampaikan pula bahwa Pemerintah Korea Selatan dalam beberapa pertemuan resmi yang diselenggarakan secara berkala dengan beberapa negara, termasuk Indonesia, menyampaikan beberapa hal yang patut diperhatikan secara khusus terkait permasalahan warga negara asing yang tidak memiliki ijin tinggal (overstayer), khususnya illegal workers di Korea Selatan yang menurut pihaknya jumlahnya semakin meningkat dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Pada kesempatan ini saya juga ingin menghimbau seluruh paguyuban/komunitas/organisasi masyarakat Indonesia di Korsel untuk memperhatikan permasalahan Illegal Workers dan dapat menyampaikannya kepada seluruh anggota ataupun rekan-rekan WNI/TKI lainnya, serta memanfaatkan secara optimal berbagai program pendidikan dan pelatihan yang difasilitasi oleh  Human Resources Development of Korea (HRDK) di berbagai cabang di daerahnya. Khususnya bagi yang akan berakhirnya ataupun yang telah berakhir masa kontrak kerjanya namun masih tinggal di Korsel, saya himbau agar mereka secara sadar kembali ke tanah air sesuai prosedur yang ada.

Akhirnya, saya ucapkan selamat menikmati acara ini, selamat bekerja dan selamat  bermukim di Korea. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan berkat-Nya bagi kita semua.

Sekian dan terima kasih.

Wabillahi taufik walhidayah, wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

                                                                                                                                                                     Seoul, 24 Juli 2011