SAFARI Ramadhan Changwon, Minggu 14 Agustus 2011

8/14/2011

 

SAFARI Ramadhan

Changwon, Minggu 14 Agustus 2011

 

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokkatuh.

Selamat Sore    

Annyong Haseyo

Yang saya hormati Imam Masjid Changwon

Seleruh pengurus paguyuban TKI di Changwon dan sekitarnya

Saudara-saudara sekalian yang berbahagia

 

Kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hanya dengan rahmatnya kita semua dapat berkumpul pada sore hari ini di Masjid yang indah ini. Beberapa bulan yang lalu sekitar bulan Februari, saya diundang oleh masyarakat Indonesia di Changwon untuk meresmikan Masjid ini yang merupakan Masjid Pertama milik masyarakat Indonesia di negara ini. Kita bersyukur bahwa dengan dana yang kita kumpulkan secara swadaya, kita mampu memiliki Masjid sendiri. Saya merasa sangat bahagia untuk bisa datang kembali ke Changwon keduakalinya di bulan baik bulan Suci Ramadhan untuk bertatap muka dengan saudara saudara sekalian.

Saya mengucapkan selamat dan penghargaan kepada saudara-saudara  semua yang hadir disini dan juga kepada semua warga masyarakat Indonesia di Korea Selatan yang telah secara suka rela mengumpulkan dana untuk Masjid yang indah ini. Kita patut bangga bahwa kita mampu memiliki Masjid ini dari hasil keringat kita sendiri. Ini adalah pertanda bahwa kita mampu menunjukkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia dimanapun kita berada. Dengan Masjid ini, kita tunjukkan kepada dunia luar bahwa masyarakat Indonesia di Korea Selatan ini bukan semata-mata datang ke negara ini untuk mengumpulkan materi tetapi masyarakat Indonesia dimanapun berada tidak melupakan bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas rezki pemberian yang mereka peroleh.  Saudara-saudara yang berbahagia Ini adalah bulan Ramadhan ke-3 bagi saya di Korsel ini. Sehari sebelum tanggal 1 Muharram, saya memaklumkan kepada masyarakat Indonesia yang waktu itu hadir dalam satu acara pembinaan di KBRI Seoul, bahwa untuk tahun  ini  saya bermaksud melakukan Safari Ramadhan ke beberapa tempat di Korsel.

Pada tanggal 7 Agustus minggu lalu, Safari Ramadhan yang pertama diadakan di Musholla  An  Nur  di  Daejon  dihadiri  sekitar  250  jemaah.  Selain  itu  hadir  pula WNA dari Uzbekistan, Rusia, Bangladesh, Pakistan dan lain-lain.  Hal  itu  juga menunjukkan kepada warga negara Asing di Korsel ini bagaimana kita masyarakat Indonesia sangat memperhatikan persaudaraan bukan hanya sesama WNI tetapi juga dengan WNA lainnya.

Saya sebagai Duta Besar RI di Korea Selatan merasa sangat bangga dan berterima kasih kepada kalian semuanya karena kalian telah mamapu bukan hanya menjaga kerukunan, kesatuan, persatuan di kalangan masyarakat Indonesia tetapi sekaligus menunjukkan wajah dan citra Indonesia yang sebenarnya di Koera Selatan ini. 

Saudara-saudara sekalian, 

Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan beberapa  hal  yang penting.  Mengingat  bekerja  dan  tinggal  di  negeri  ini  bukan  sesuatu hal yang ringan, saya menghimbau kepada segenap teman teman TKI, agar lebih berhatihati saat bekerja dan senantiasa menjaga kesehatan. Mematuhi peraturan dan UU setempat  adalah  wajib  bagi  kita  semua  sebagai  WNA  di  Korea  Selatan. Akhirakhir ini terdapat banyak musibah yang dialami oleh rekan-rekan  TKI.  Dalam  7 bulan pertama 2011 ini, KBRI Seoul mencatat berbagai musibah di  tempat  kerja dan beberapa di antaranya fatal. Selain itu terdapat pula sekurang kurangnya 4 orang saudara kita yang terpaksa menginap di penjara karena melakukan perbuatan kriminal yang berat. Mereka ini karena satu dan lain hal lupa diri dan melakukan tindakan kriminal sehingga harus berurusan dengan pihak keamanan dan hukum setempat. Kejadian seperti ini merusak nama baik dan  reputasi tenaga kerja Indonesia di Korea Selatan.  

Saudara saudara yang berbahagia,

Pada  kesempatan  ini,  saya  juga  ingin  mengucapkan  terima  kasih  dan penghargaan kepada pihak atoritas setempat seperti kepolisian,  imigrasi, dan HRDK MOEL atas segala perhatian, bantuan dan dukungannya kepada komunitas Indonesia khususnya TKI di Changwon dan sekitarnya selama ini.

Akhirnya, saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada teman teman semua yang hadir di sini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan berkat-Nya bagi kita semua. Mohon maaf lahir bathin Sekian dan terima kasih.

Wabillahi taufik walhidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

                                                                                                                                                     Changwon 14 Agustus 2011