Kerjasama Ekonomi Indonesia dan Republik Srpska

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Meningkatkan kerjasama Ekonomi antara Indonesia dan Republik Srpska
 
Banja Luka, 27 September 2012 - Wakil Presiden Republik Srpska Enes Suljkanovic sependapat dengan Duta Besar Indonesia di BiH Subijaksono Sujono dengan realisasi kontak langsung antara Srpska dengan pengusaha Indonesia, karena dengan pangsa pasar 600 juta orang yang tertarik dalam kerjasama apapun. 
 
Suljkanovic mengatakan bahwa kerja sama dapat dicapai di sektor listrik dan air minum, dan penciptaan perusahaan patungan yang produknya akan dapat bersaing di pasar Eropa. Kerjasama dapat diperluas dalam bidang budaya dan pariwisata. Duta Besar telah berjanji kepada bahwa pengusaha Indonesia untuk mengusulkan pertemuan dengan pengusaha Srpska.
Duta Besar Indonesia untuk BiH Subijakso Sujono percaya bahwa kita harus bekerja pada peningkatan kerjasama antara Srpska dan Indonesia di segala bidang, khususnya di bidang ekonomi.

Kami menyadari bahwa kerjasama kami tidak signifikan dibandingkan dengan potensi yang kita miliki, dan sejauh ini kontak antara pengusaha kami pada tingkat yang rendah. Prioritasnya adalah untuk menemukan cara untuk membangun kontak langsung dengan pengusaha Indonesia," tambah Subijaksono Sujono. 

Hal ini sangat penting untuk kunjungan delegasi Republik Srpska ke Indonesia dan menjelaskan komunitas bisnis iklim ekonomi Indonesia di Srpska BiH dan menunjukkan bahwa ada potensi untuk meningkatkan kerjasama sosial serta kerjasama di bidang kebudayaan," kata Subijaksono Sujono.
Ketua Kamar Dagang Republik Serbia Borko Djuric mengatakan bahwa Srpska selama enam tahun terakhir telah mengimpor barang bernilai delapan juta euro dari Indonesia, dan Srpska tidak diekspor apapun.

"Bagi kami sangat penting bahwa Indonesia negara dengan ekonomi yang besar tertarik untuk bekerja sama dengan kami, dengan cara apapun melalui hubungan bilateral kami akan menunjukkan kemampuan ekonomi Srpska untuk kepentingan presentasi pada calon mitra kami di Indonesia," kata Duric.

Dia menambahkan bahwa Srpska memiliki sesuatu untuk ditawarkan ke Indonesia, terutama di daerah Sropske menjadi tempat dari mana untuk mendistribusikan produk mereka di pasar Uni Eropa.