Promosi Kuliner dan Fashion Show Busana Indonesia pada Festival Catad’Or tanggal 9 Juli 2012, di Hotel W, Santiago, Chile

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada acara puncak Catad’Or Wine Awards 2012 “Gala Dinner” tanggal 09 Juli 2012, KBRI Santiago menampilkan Kuliner dan fashion show. Partisipasi KBRI merupakan wujud kerjasama dengan komite Catad’Or W Wine Awards 2012 yang mengundang KBRI sebagai Tamu Kehormatan (Guest of Honor). Festival Catad’Or yang disponsori oleh pemerintah Chile melalui badan promosi ProChile telah berlangsung selama 17 tahun dan merupakan ajang kompetisi wine bergengsi di Chile. Pada tahun ini, festival diikuti oleh 100 perusahaan wine Chile dengan menampilkan 500 jenis wine yang diperlombakan pada gala dinner, pemenang festival dengan hadiah medali perak, perunggu, dan emas kepada perusahaan wine diumumkan. Acara yang dihadiri oleh sekitar 250 orang yang terdiri dari pejabat pemerintah, para pengusaha wine, para juri dari Chile dan negara-negara lainnya, media setempat, dan KBRI Santiago.

 

Sambutan  Duta Besar RI untuk Chile yang disampaikan oleh KUAI KBRI Santiago, menyampaikan apresiasinya kepada pihak-pihak terkait yaitu ProChile, Catad’Or, Institut Pengembangan Pertanian (Instituto de desarrollo agropecuario/ Indap), dan Hotel W, yang telah memilih Indonesia sebagai tamu kehormatan pada festival wine tersebut. KBRI Santiago menggunakan kesempatan tersebut untuk mempromosikan Indonesia di Chile, dengan mengundang Chef terkenal Indonesia untuk menyediakan makan malam pada acara gala dinner tersebut yaitu Chef Ragil Wibowo. Selain itu juga KBRI Santiago juga mengundang perancang muda berbakat Indonesia yaitu Oscar Lawalata untuk mempromosikan Indonesia melalui busana-busana rancangannya.

 

Tempat acara gala dinner di Hotel W dirancang dengan latar belakang dekorasi kerajinan tradisional Indonesia dari Bali dan Jawa berupa payung, perabotan dan batik, para penerima tamu dengan pakaian tradisional Aceh, Sumatera Utara, Sulawesi, dan Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut brosur pariwisata Indonesia juga dibagikan, dan sebelum acara dimulai para tamu mencicipi cocktail dengan suguhan aneka sate, martabak telor, siomai, dan asinan.

 

Sebelum acara makan malam dan penyerahan hadiah, film promosi pariwisata Indonesia ditayangkan dan dilanjutkan dengan fashion show yang menampilkan 33 busana karya Oscar Lawalata yang diperagakan oleh 12 model profesional wanita dan pria Chile. Pada acara makan malam, menú Indonesia yaitu soto ayam, nasi kuning komplit pakai rendang, udang balado dan urap, dan makanan penutup kue pandan dan puding srikaya, dihidangkan. Secara keseluruhan panitia acara Catad’Or dan para tamu undangan sangat terkesan dengan kerjasama dan penampilan keragaman budaya Indonesia melalui fashion show, kuliner dan dekorasi Indonesia.

 

Dalam rangkaian acara Catad’Or ini juga, pada tanggal 10 Juli 2012, bertempat di Wisma Indonesia diadakan peliputan seputar kuliner Indonesia oleh majalah travel Chile yaitu “Revista Placeres”. Peliputan berupa cara memasak dan kiat-kiat, serta perkembangannya. Chef Ragil Wibowo dan asistennya Chef Mukhamad Solihin menjelaskan sejarah kuliner dan kebiasaan dan selera masyarakat Indonesia. Kedua Chef handal tersebut mempersiapkan dan memperagakan masakan soto ayam, bakwan, nasi kuning komplit pakai bayam, udang balado dan semur daging, serta klepon yang diikuti oleh wartawan majalah tersebut secara step by step kurang lebih selama 3 jam.

 

Acara fashion show masih akan berlanjut untuk mengisi program TV setempat “Chile Vision (ChV)”, dan peragaan busana pada Happy Hour di Hotel W tanggal 12 Juli  2012.