Promosi Budaya dan Kuliner Indonesia Indonesia y su cultura, Tanggal 12 November 2015 di Colina, Chile

​​​Atas undangan Perpustakaan Colina La Biblioteca Centro Lector de Colina, KBRI Santiago telah mengadakan promosi budaya dan kuliner Indonesia bertema Indonesia y su cultura/Indonesia dan Budayanya di Ruang Serba Guna Perpustakaan Colina pada tanggal 12 November 2015. Dalam kaitan ini, Colina merupakan Ibu Kota Kabupaten Chacabuco yang terletak di Wilayah Utara Santiago (+/- 30 menit) dan memiliki jumlah penduduk sekitar 100,000 orang.

 
Acara dihadiri oleh sekitar 60 (enam puluh) orang dan terdiri dari Duta Besar Perwakilan Asing, Pejabat Kantor Walikota Santiago, Pejabat Kantor Dinas Pendidikan Colina, Pejabat Kantor Dinas Kesehatan Colina, Direktur Perpustakaan Colina Carlos Diaz, Pejabat Tinggi Tentara Nasional Chile, Pejabat Tinggi Kepolisian Nasional Chile Carabineros de Chile, murid-murid dari Sekolah Dasar dan Menengah Colina, Media Lokal Colina dan masyarakat Colina. Turut hadir pada pertemuan tersebut Duta Besar RI beserta Ibu Juliana Arobaya, PF Pensosbud dan Staf KBRI Santiago.

 
Acara ini dilakukan dalam upaya menjalankan diplomasi budaya Indonesia dan guna memperluas wawasan masyarakat Chile tentang Indonesia. Dalam catatan KBRI Santiago, pengetahuan tentang Indonesia khususnya di kota-kota kecil masih relatif rendah sehingga KBRI Santiago memanfaatkan berbagai kesempatan undangan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan budaya dan kuliner yang sederhana namun menarik.

 
Dalam sambutan pembukaannya, Duta Besar RI menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Direktur Perpustakaan Colina atas kolaborasinya dalam menyukseskan acara budaya dan kuliner Indonesia ini. Selain itu, disampaikan pula bahwa dalam rangka memperkuat 50 tahun hubungan antara Indonesia dan Chile maka kegiatan-kegiatan people-to-people contacts perlu terus diperkuat, baik secara kualitas maupun kuantitas. Lebih lanjut, perpustakaan merupakan jendela informasi dan sarana untuk memperkaya ilmu pengetahuan masyarakat secara umum.

 
Sementara itu Direktur Perpusatakaan Colina, Carlos Diaz, menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan KBRI Santiago mengadakan acara di Colina. Lebih lanjut, disampaikan pula undangan terbuka kepada KBRI Santiago untuk mengadakan acara serupa di kemudian hari. Terkait dengan kualitas pendidikan di Colina, Carlos Diaz menyampaikan informasi bahwa Colina merupakan salah satu wilayah di Chile yang memiliki kualitas pendidikannya yang bagus dan diakui secara nasional.

 
Dalam rangka meningkatkan bahan dan sumber ilmiah tentang Indonesia, Duta Besar RI telah menyerahkan sumbangan buku dari KBRI Santiago kepada Perpustakaan Colina untuk selanjutnya dimasukkan dalam daftar koleksi. Buku-buku tersebut berkaitan dengan 50 Tahun Hubungan Indonesia-Chile dan budaya, kuliner serta sejarah Indonesia. 

 
Selama acara, KBRI Santiago menampilkan 2 (dua) tarian tradisional Indonesia yaitu Tarian Jaipong dari Jawa Barat dan Menur dari Banyuwangi, Jawa Timur. Penampilan tersebut mendapatkan sambutan yang hangat dari para tamu undangan. Sementara itu, dalam waktu yang tidak terlalu lama makanan-makanan khas Indonesia seperti kue lumpur dan semar mendem habis dinikmati.