Duta Besar RI Menyerahkan Surat Kepercayaan (Credentials) Kepada Presiden Republik Chile

2/28/2015

?

Pada tanggal 24 Februari 2014 pukul 16.00 bertempat di ruangan O’Higgins Istana Kepresidenan La Moneda, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Chile, Philemon Arobaya telah menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Chile Y.M Michelle Bachelet.
Selain Duta Besar Indonesia, pada hari yang sama Presiden Chile juga menerima Surat Kepercayaan dari Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Republik Finlandia, Republik Islam Iran, Selandia Baru dan Republik Irlandia. Dalam kesempatan ini, Duta Besar Indonesia menjadi negara pertama yang menyerahkan Credentials kepada Presiden Chile.
Duta Besar Philemon Arobaya merupakan Duta Besar yang ke-7 sejak KBRI dibuka pada tanggal 8 Maret 1991. Sementara itu, hubungan bilateral antara Indonesia dengan Chile sudah terjalin sejak 50 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1965.
Rangkaian Upacara Penyerahan Surat Kepercayaan diawali dengan pemeriksaan Barisan Pasukan Kehormatan oleh Duta Besar Philemon Arobaya. Setelah penyerahan Surat Kepercayaan, Duta Besar Philemon Arobaya mendapatkan kesempatan untuk melakukan audiensi dengan Presiden Chile selama 15 (lima belas) menit.
Pada pembicaraan yang berlangsung dalam suasana yang penuh persahabatan, Duta Besar Philemon Arobaya menyampaikan salam hormat dan penghargaan yang tinggi dari Presiden Republik Indonesia kepada Presiden Michelle Bachelet dan Rakyat Chile. Di samping itu, dibahas pula mengenai berbagai upaya untuk terus meningkatkan hubungan bilateral, baik di bidang politik, ekonomi maupun sosial budaya.
Acara Penyerahan Surat Kepercayaan diakhiri dengan penghormatan yang dilakukan Pasukan Carabineros (Kepolisian Republik Chile) dan diperdengarkan juga lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dimainkan oleh Pasukan Kehormatan di depan pintu utama Istana Kepresidenan.