Babak Baru Hubungan RI-Chile; Dimulainya Perundingan Perjanjian Perdagangan Bebas Kedua Negara

5/26/2014

?Kegiatan Pekan Film Indonesia dimulai pada tanggal 19-25 Mei  2014 bekerja sama dengan Cineteca, Centro Cultural La Moneda dan workshop penayangan Film karya sineas muda Sdr, Joko Anwar di Universitas Valparaiso berjudul Pintu Terlarang dan di Corporation Cultural Las Condes berjudul Janji Joni dan pemaparan mengenai perfilman Indonesia oleh Sdr. Gerzon R. Ayawaila/Badan Perfilman Indonesia, sutradara film dokumenter Indonesia. Disamping itu, selanjutnya Seminar 50 Tahun hubungan Indonesia-Chile akan dihadiri oleh pejabat Kementerian Luar Negeri RI sebagai nara sumber bekerja sama dengan Instituto de Chile yang rencananya akan diselenggarakan antara  Juni – Oktober 2014.
Selanjutnya, sebuah misi dagang Indonesia diselenggarakan atas kerjasama antara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Santiago bersama Indonesia Trade Promotion Center di Santiago, dengan pengusaha-pengusaha kecil menengah Indonesia secara swadaya. Pengusaha-pengusaha UKM Indonesia akan mengadakan pameran produk-produk unggulan Indonesia di salah satu mal  terbesar di Santiago, Mall Parque Arauco lantai 3, yang berlangsung mulai tanggal 26 Mei hingga 1 Juni 2014. Pada tanggal 28 Mei 2014, peserta Misi Dagang Indonesia juga akan mengikuti Business Forum dan dilanjutkan dengan one on one Business meeting dimana mereka akan bertemu langsung dengan pengusaha-pengusaha Chile yang akan diselenggarakan di Hotel Intercontinental. Pada tanggal 28 Mei 2014 juga akan diselenggarakan Gala Dinner sekaligus peluncuran buku menyongsong 50 Tahun Hubungan Indonesia-Chile dan penayangan video promosi Indonesia yang dibuat di Indonesia oleh pemuda kreatif Chile yang tergabung dalam Cammon TV.
Dalam bidang ekonomi dan perdagangan, jarak yang jauh tidak lagi menjadikan hambatan dalam peningkatan kerja sama bahkan dalam kondisi ketidakstabilan perekonomian dunia kegiatan ekspor impor Indonesia-Chile mulai meningkat. Dapat dipastikan bahwa bila perundingan Perdagangan Bebas tercapai makan akan terjadi peningkatan kegiatan ekonomi perdagangan kedua negara. Dalam bidang sosial budaya, KBRI Santiago gencar melakukan promosi sehingga Indonesia sudah mulai dikenal di Chile akan tari-tarian khasnya dan sebagai bukti lainnya adalah meningkatnya minat mengikuti program magang IIE (International Internship for Engineers) Universidad de Chile yang sejak tahun 2013 menjadikan Indonesia sebagai negara salah satu tujuan favorit.
Bertolak dari peningkatan kualitas hubungan antara Indonesia-Chile, KBRI Santiago meyakini bahwa potensi yang besar untuk mengembangkan area kerja sama disegala bidang terus menuntut kerja keras dari semua elemen masyarakat Indonesia di luar negeri maupun di tanah air, baik pengusaha maupun pejabat pemerintah untuk mencapai hasil yang maksimal. Sebagai negara sahabat yang memiliki visi yang sama, usia relasi Indonesia-Chile yang telah mencapai 50 tahun hendaknya dijadikan semangat dan energi baru dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya serta menjaga perdamaian dan keseimbangan alam, demi kelangsungan hidup semua penerus kedua negara sebagai pengjhuni bumi yang berkontribusi nyata pada masa depan peradaban dunia.