SAMBUTAN DUTA BESAR RI UNTUK CHILE PADA UPACARA HUT KE-68 KEMERDEKAAN RI

8/20/2013

 

Yang Berbahagia Seluruh Warga Negara Indonesia di Chile,
Para Pastur dan Suster
Yth. Kepala Sekolah Republik Indonesia, Lo Espejo, Sra.  Virginia Tobar beserta murid muridnya,
Yth. Rektor Verbo Divino Sr.    P. Armando Schnydrig A., SVD,      
Yth. Kepala Sekolah Emelina Urrutia, Sra. Mayling Cruz Gil,
Yth. Direktur Urusan Internasional Universidad de Chile Sra. Rocio Duque Santa Maria dan para mahasiswa U. Chile,                                 
Para undangan dan hadirin yang terhormat,
Pertama-tama, mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kita diberi kesempatan untuk melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI yang ke-68 dalam keadaan sehat walafiat.
Hadirin, Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang berbahagia,
HUT RI kali ini bertemakan “Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat.”  Makna tersebut mengajak segenap bangsa Indonesia untuk terus menjaga keamanan dan semangat kerja keras dalam meningkatkan kesejahteraan bersama.  Oleh karena itu mari kita wujud nyatakan makna dari tema tersebut dalam posisi kita masing-masing. Dengan demikian cita-cita para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya demi mencapai kemerdekaan yang telah kita rasakan selama ini, tidak menjadi sia-sia dan kitapun menjadi bangsa yang menghayati nilai-nilai sejarah dengan menghargai jasa para pahlawannya.

Hadirin yang berbahagia,
Kita patut berbangga bahwa Indonesia telah berkembang menjadi negara demokrasi yang semakin matang dan semakin diperhitungkan ditingkat regional maupun global. Pada situasi global yang tak menentu sampai saat ini khususnya krisis ekonomi di kawasan Eropa dan Amerika, Indonesia tetap mencapai  pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi yaitu 5,81% pada kuartal II tahun 2013. Harus diakui bahwa masih banyak masalah-masalah dalam negeri seperti konflik antar kelompok masyarakat, korupsi, ketimpangan ekonomi-sosial, intoleransi oleh sekelompok ekstrimis/radikal dan menjadi tantangan bagi kita semua untuk mendukung pemerintah kita mencapai penyelesaiannya. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi ini berhasil dipertahankan karena kinerja ekspor riil membaik ditopang kenaikan ekspor beberapa komoditi utama akibat membaiknya permintaan dari AS. Tingginya tingkat konsumsi domestik akibat daya beli masyarakat yang tinggi dengan pendapatan perkapita pada tahun 2012 mencapai US$3.542,9 dan diproyeksikan tahun 2025 mencapai US$16.000 juga menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Pengakuan internasional terlihat a.l. bahwa RI diundang menjadi anggota G20 yang sangat menetukan arah perkembangan dunia. Pada tahun ini juga Indonesia menjadi tuan rumah APEC pada bulan Oktober dimana Presiden Pinera juga akan hadir dan Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Bali Demokrasi Forum pada bulan November 2013.
Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia dapat dicontoh oleh banyak negara di dunia dimana Islam dapat coexist tidak hanya dengan demokrasi tetapi berkembang maju bersama.

Hadirin dan Saudara-saudara setanah air,
Hubungan antara Indonesia dan Chile telah terjalin sejak tahun 1964, sehingga tahun depan akan mencapai  50 tahun. KBRI Santiago telah menggagaskan beberapa kegiatan peringatan 50 tahun hubungan kedua negara .l.; Seminar, Penerbitan Buku “50 Tahun hubungan RI Chile,” mendatangkan Misi Kebudayaan Indonesia dan Festival Film. Melalui peringatan  50 tahun hubungan RI-Chile ini diharapkan hubungan baik yang telah terjalin selama ini dapat lebih berkembang dan diperdalam. Chile sebagai salah satu target pasar baru bagi Indonesia perlu mengenal Indonesia lebih detail, sehingga kita harus dapat memperkenalkan Indonesia secara gencar dan lebih baik lagi tidak hanya kepada pemerintah namun juga kepada masyarakat Chile secara luas.
Kedutaan Besar RI di Chile telah melakukan berbagai usaha peningkatan hubungan dan kerja sama melalui promosi dengan sumber daya yang ada dan bekerja sama dengan seluruh pihak termasuk dengan seluruh WNI yang ada di Chile termasuk para padre serta suster. Sejak awal tahun 2013, kegiatan-kegiatan promosi yang sudah dilaksanakan antara lain;

1.    Promosi dan Gelar Budaya Indonesia di area Gereja San Jose Obrero, Los Vilos pada Januari 2013.
2.    Promosi Gastronomi dan Artesania serta Gelar Seni Budaya di Iquique pada Februari 2013.
3.    Promosi terpadu Ekonomi dan Sosial Budaya di Los Angeles dan Penyelenggaraan pada Maret 2013.
4.    Un Dia en Indonesia di KBRI yang dikunjungi 500 pengunjung pada April 2013
5.    Promosi Indonesia dan Seni Budaya di Valdivia pada April 2013.
6.    Promosi Tenun Ikat NTT oleh Penggiat Tenun Sdri. Alfonsa Horeng dan Musik Sasando oleh Sdr. Jacob Bullan di Santiago dan Valparaiso dan Rancagua pada  Mei 2013.
7.    Sosialisasi Trade Expo Indonesia di Santiago, Antofagasta dan Concepcion.
8.    Pemutaran Film Indonesia di Escuela RI Lo Espejo dan direncanakan di Sekolah Emelina Urrutia pada bulan Agustus 2013.
9.    Presentasi Indonesia dibeberapa Universitas a.l.: Universitad de Concepcion di Los Angeles dan Universidad Santo Thomas di Valdivia.
Promosi yang kita lakukan mulai menampakkan hasil a.l.; ada 7 (tujuh) mahasiswa U Chile yang melakukan magang di PT. Antam dan PT. Semen Gresik pada Januari-Februari 2013 dan tahun 2014 direncanakan 15 orang mahasiswa akan magang di Indonesia. Saat ini 5 orang pemuda Chile sedang berada di Indonesia sejak bulan Mei 2013 untuk melakukan peliputan dan pembuatan video promosi Indonesia di beberapa daerah a.l. di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, NTT dan Sulawesi Tenggara. Sementara itu, ada 3 orang pemuda-pemudi Chile penerima beasiswa/darmasiswa RI tahun 2013/2014 akan berangkat pada akhir Agustus 2013 ini.

Untuk meningkatkan perdagangan kedua negara, setelah beberapa kali diadakan sosialisasi untuk pertama kali pada Oktober tahun lalu 10 pengusaha Chile ikut TEI dan telah tampak tindak lanjutnya. Harapan kita, hal ini akan bisa meningkatkan ekspor RI ke Chile dan saat ini telah ada beberapa pengusaha yang akan ikut Pameran Ekspor Indonesia di Jakarta bulan Oktober 2013 nanti.
Saudara/i setanah air yang berbahagia, sebagai bagian proses demokrasi tahun 2014 akan diadakan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden. Kami himbau agar seluruh WNI dapat berpartisipasi dalam menyuseskan Pemilu tersebut. Kita sangat beruntung karena Indonesia adalah salah satu negara yang memfasilitasi Warga negaranya di luar negeri untuk melakukan Pemilihan Umum melalui Perwakilan-perwakilan RI di luar negeri. Oleh karena itu, gunakan hak Saudara/i secara bertanggung-jawab.
Saudara setanah air yang saya cintai, sebagai penutup saya menghimbau lagi,
Mari kita terus bergandeng tangan dan bekerja keras melaksanakan tugas dan fungsi kita masing-masing sebaik dan semaksimal mungkin. Apa yang negara kita raih saat ini adalah hasil jerih payah dan pengorbanan kita semua selama ini. Dengan keyakinan dan tawakal kepada Yang Maha Kuasa dan kerja keras, kita pasti berhasil mencapai Indonesia yang lebih maju, adil, damai dan sejahtera.
Dirgahayu Republik Indonesia!
Selamat Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-68
Terima kasih

(sumber: KBRI Santiago)

?