Paspor dan SPLP


Pembuatan Paspor

  1. Persyaratan:

    • Untuk WNI Umum yang menetap di Yaman
    • Untuk WNI Pelaut yang bekerja di Yaman
    • Untuk WNI yang baru lahir di Yaman
    • Untuk WNI yang menetap di Yaman yang kehilangan paspor karena bencana alam / kelalaian
    • Untuk WNI yang tidak menetap di Yaman yang kehilangan paspor

    Waktu:

    • Proses pembuatan paspor adalah 2 hari kerja (Pengambilan 1 hari setelah pengajuan disetujui)
    • Pengajuan permohonan dari 09.00 - 12.00 (Ahad - Kamis kecuali hari libur)
    • Pengambilan paspor hanya dari pukul 14.00 - 16.00 (Ahad – Kamis kecuali hari libur)

    Loket Pengajuan: Konsuler KBRI Sana'a

    Biaya: Cek di sini

     

    PROSEDUR DAN PERSYARATAN YANG HARUS DIPENUHI:

    1. Pembuatan Paspor RI yang baru tidak bisa diwakilkan kepada orang lain atau melalui pos, melainkan harus dilakukan oleh si pemilik /pemegang paspor RI itu sendiri dan datang langsung ke Bidang Konsuler KBRI Sana'a dengan membawa Paspor lama.
    2. Pemohon dapat datang langsung ke Bidang Konsuler KBRI Sana'a pada setiap hari kerja (kecuali pada hari libur Indonesia dan Yaman) antara jam 09:00 – 12:00 waktu setempat.
    3. Pemohon diwajibkan datang sendiri ke KBRI Sana'a karena penggantian Paspor pada umumnya hanya dilakukan 5 (lima) tahun sekali sehingga pemohon diharapkan meluangkan waktu untuk mengurus sendiri.
    4. Pemohon mengisi Formulir SPRI sesuai dengan kolom yang ditentukan secara lengkap dengan huruf cetak, ditempel foto terakhir pemohon, dibubuhi cap jempol jari kanan pada kolom yang tersedia dan ditandatangani sendiri oleh pemohon. Tanda tangan harus sesuai dengan yang tertera di Paspor, dan tidak boleh atas nama atau diwakilkan kepada orang lain.
    5. Menyertakan Pas Foto ukuran 4x6 berlatar belakang warna merah sebanyak 4 (empat) lembar
    6. Telah lapor diri di KBRI Sana'a.
    7. Bagi WNI Pendatang (Menikah dengan WNI atau WNA), wajib menyertakan fotocopy Paspor suami/istri.
    8. Bagi yang pertama kali membuat Paspor (lahir di Yaman atau Negara lain) wajib menyertakan akte kelahiran/surat keterangan lahir, surat nikah kedua orang tua, dan Paspor kedua orang tuanya.
    9. Pembuatan Paspor baru dapat dilakukan paling cepat 6 (enam) bulan atau paling lambat 2 (dua) minggu sebelum habis masa berlakunya, kecuali karena alasan Paspor penuh atau terjadi kerusakan pada Paspor.
    10. Proses pembuatan Paspor baru memakan waktu 2 (dua) hari kerja, kecuali dalam keadaan tertentu, proses pembuatan Paspor bias memakan waktu lebih lama. Contoh : Karena kerusakan mesin Paspor, habisnya dokumen Paspor, atau hal-hal lain yang diiluar wewenang atau kerusakan Fungsi Konsuler KBRI Sana'a.

     

    PROSEDUR DAN PERSYARATAN TAMBAHAN YANG HARUS DIPENUHI KHUSUS UNTUK PENGGANTIAN PASPOR BIASA KARENA HILANG ATAU RUSAK :

     

    Selain 10 (sepuluh) persyaratan wajib yang telah disampaikan sebelumnya pada prosedur dan persyaratan  yang harus dipenuhi, pemilik yang paspornya hilang atau rusak harus menambahkan beberapa persyaratan berikut:

    1. Melampirkan surat keterangan kehilangan Paspor dari Kepolisian setempat bagi yang paspornya hilang.
    2. Memasang iklan kehilangan Paspor pada media massa setempat.
    3. Melapor ke KBRI Sana'a untuk memberikan keterangan tentang kerusakan atau kehilangan Paspor yang dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) atau pengisian formulir surat pernyataan kehilangan/kerusakan Paspor.
    4. Apabila permohonan penggantian disetujui, persyaratan dan proses penyelesaian dapat dilaksanakan seperti permohonan Paspor baru.