Syukuran HUT RI ke-67, Halal bi-Halal menyatu dalam suasana Idul Fitri di Sana’a

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Ratusan WNI bersama Warga Yaman Keturunan Indonesia padati Wisma Duta Besar sejak pukul 07:00, 1 Syawal 1433 H yang jatuh pada Ahad, 19 Agustus 2012, guna mengikuti serangkaian kegiatan, berupa takbiran, shalat idul fitri, halal bi-halal dan syukuran masyarakat dalam rangka HUT RI ke-67.
 
Shalat ied berjamaah dilaksanakan tepat pukul 07:30, bertindak sebagai imam ustadz Akhyar Muhammad Yunus, asal Aceh, mahasiswa Univ. Al-Iman, dan selaku khatib ustadz M. Arief Hidayat, mahasiswa Univ. Wathoniah, asal Sumatera Selatan. Isi khutbahnya antara lain mengungkapkan bahwa untuk mencapai kehidupan yang penuh dengan kemenangan, kemuliaan dan kesejahteraan, seorang muslim hendaknya selalu berpegang teguh terhadap agama Islam yang mulia ini. Keberhasilan melaksanakan puasa selama sebulan penuh dan shalat di malam harinya merupakan anugerah besar dari Allah SWT, maka kaum muslimin wajib untuk selalu berbaik sangka (husnusdzon) kepada-Nya.
 
 
Usai pelaksanaan shalat ied, acara dilanjutkan dengan bersalam-salaman bersama Duta Besar beserta segenap jajaran staf KBRI Sana’a beserta masyarakat Indonesia lainnya dalam suasana hangat, gembira dan penuh rasa kekeluargaan. Hadirin nampak antusias dan bergembira saat dipersilahkan menikmati sajian khas lebaran yang jarang didapatkan di Yaman, diantaranya opor ayam, lontong sayur, semur daging, kerupuk berbagai rasa, asinan, tape ketan, nastar dan berbagai macam kue lainnya, sehingga rasa rindu akan tanah air sedikitnya dapat terobati.
 
Tepat pukul 10:00 acara dilanjutkan dengan halal bi-halal dan syukuran HUT RI ke-67, yang diawali dengan sambutan dari Ketua Panhut RI, Priyanto Mawardi, menyampaikan rangkaian kegiatan memperingati HUT RI ke-67 yang diawali dengan pertandingan beberapa cabang olahraga, upacara bendera, syukuran masyarakat serta resepsi diplomatik. Ketua Panhut selanjutnya mengungkapkan adanya partisipasi beberapa sponsor yang telah memberikan hadiah undian Door Prize, diantaranya Yemenia Airways dengan 3 (tiga) buah tiket PP Sana’a-Jakarta-Sana’a, Turkish Airlines 1 (satu) buah tiket PP Sana’a-Istanbul-Jakarta-Istanbul-Sana’a, National Travel 1 (satu) buah tiket PP Sana’a-Cairo-Sana’a, PT. Djarum, Gallo Oil, Hayel Saeed Anam Group, Hadda Water Co., Agen Indomie, serta beberapa barang elektronik dari PT. Medco Energi. Seluruh hadiah dibagikan kepada hadirin yang beruntung.
 
 
Dalam kesempatan ini pula, Dubes RI, N. Aulia, dalam sambutannya antara lain menyampaikan ucapan selamat idul fitri dan permohonan maaf lahir batin. Dubes selanjutnya mengungkapkan bahwa istilah halal bi halal pertama kali dipopulerkan Presiden Soekarno, meskipun istilah tersebut, konon tak ditemukan dalam kultur Arab sendiri. Selain itu, Dubes memaparkan bahwa peringatan HUT RI ke-67 tahun ini bertepatan dengan hari dan bulan kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, yaitu pada hari Jum’at bulan Ramadhan. Hal ini menjadi hari kemenangan bagi kaum muslimin dan bangsa Indonesia, kemenangan memperoleh kemerdekaan dan kemenangan melawan hawa nafsu setelah berpuasa di bulan Ramadhan.

Usai sambutan, Duta Besar RI didampingi ibu Farida Aulia melakukan pemotongan kue ulang tahun memperingati HUT RI ke-67 tahun 2012 dan diserahkan kepada Ketua Panhut RI, sebagai ungkapan rasa syukur.
 
 
Acara dilanjutkan dengan hiburan yang diselingi pengundian door prize. Acara cukup menarik perhatian dan menegangkan para hadirin. Tahun ini dimeriahkan dengan persembahan lagu-lagu dari Staf KBRI Sana’a, Agus Syarif Budiman bersama WNI, Teguh Wibowo, Grup Nasyid GNSI (Genderang Nasyid Shoutul Iman), mahasiswa Al-Iman dibawah pimpinan ustadz Ian Sera Swantisa Harahap, serta permainan sulap oleh Warga Yaman Keturunan, Saeed A. Bahakim.  
 
 
Seperti tahun-tahun yang lalu, nampaknya sponsor door prize HUT RI tahun ini memberikan perhatian lebih besar. Yemenia Airways yang sebelumnya hanya memberikan 1 tiket pesawat ke Jakarta, tahun ini menjadi 3 buah, Turkish Airlines pun turut mempromosikan 1 tiket PP ke Jakarta via Istanbul. Selain itu, Panhut RI memperoleh juga beberapa barang elektronik lainnya, berupa TV LCD 32”, Netbook Toshiba, HP Sony Ericsson VIVAS, Samsung Galaxy, Sepeda gunung dan berbagai hadiah menarik lainnya.
 
 
Kegiatan tersebut menjadi momen tahunan yang istimewa dan tak ternilai bagi WNI dan Warga Yaman Keturunan Indonesia untuk saling bersilaturrahim dan bertatap muka, juga sebagai obat rindu suasana lebaran di Indonesia.