Memperingati Hari Sumpah Pemuda, KBRI Sana'a laksanakan Lomba Orasi Kebangsaan bagi Mahasiswa Ri Di Yaman,

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sana`a menyelenggarakan Lomba Orasi Kebangsaan dalam rangka memperingati  Hari Sumpah Pemuda ke-84 pada hari Ahad (28/10) bertempat di Ruang Serba Guna KBRI Sana'a. Lomba diikuti oleh 18  peserta, perwakilan pelajar/mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi Yaman.  Acara  berlangsung semarak, penuh dengan semangat kepemudaan.
 
Lomba dihadiri oleh seluruh staf KBRI, anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan sekitar 100 pelajar/mahasiswa  Indonesia dari berbagai wilayah di Yaman. Lomba diikuti dengan begitu antusias, bahkan sebagian dari wilayah  sebelumnya telah menyelenggarakan seleksi di setiap perwakilan Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Pelajar Indonesia  (DPW) PPI) Yaman.
 
Acara Lomba Orasi Kebangsaan merupakan rangkaian acara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-84. Dubes RI, Wajid  Fauzi dalam membuka lomba tersebut antara lain menyatakan bahwa Lomba Orasi Kebangsaan ini merupakan salah satu upaya untuk terus memelihara rasa kebangsaan dan persatuan di kalangan masyarakat Indonesia di Yaman. "Sejarah telah membuktikan betapa besar peran pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan, hal ini hendaknya menjadi  inspirasi bagi para pelajar/mahasiswa Indonesia di Yaman untuk meningkatkan prestasi sehingga ketika kembali ke  tanah air berperan aktif dalam pembangunan nasional."  Spirit pemuda sebagaimana pepatah Arab menyatakan "shabaabul youm rijaalul ghad" (pemuda masa kini menjadi pemimpin
masa depan), hendaknya tetap tertanam dalam diri mahasiswa/santri Indonesia di Yaman untuk terus meningkatkan  prestasi membawa nama harum bangsa Indonesia di Yaman, papar Dubes.
 
Lomba berlangsung meriah dengan penampilan wakil wakil dari tiap-tiap wilayah PPI dan perkumpulan mahasiswa dengan  berbagai gaya orasi mereka. Penampilan mereka mendapat respon hadirin yang kadangkala menimbulkan gelak tawa dan tepuk tangan meriah.
 
Setelah melalui perhitungan nilai dari masing-masing Dewan juri yang terdiri dari Agus Syarif Budiman, Priyanto  Mawardi, Achmad Zainal Huda dan M. Musthafa Luthfi, yang merupakan staf KBRI Sana`a, akhirnya diputuskan sebagai  juara I adalah Ahmad Fudholi as Syafi`ie dari DPW PPI Hudaidah, juara II Imam Nawawi Muhammad dari DPW PPI  Hadramaut, juara III Soib Mukhlas dari DPW PPI Hudaidah, juara harapan I Ahmad Zaki Ramadhani dari Universitas Al-Iman Sana`a, juara harapan II M. Fathullah dari DPW PPI Hudaidah, juara harapan III Ahmad Taqiuddin dari Universitas Al-Iman Sana`a. Para juara mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan untuk selalu meningkatkan prestasi mereka.
 
KBRI Sana`a akan terus melakukan berbagai upaya dalam rangka membina dan memelihara rasa kebangsaan Indonesia di  kalangan Warga Negara Indonesia (WNI) di Yaman khususnya para pelajar/santri/mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di berbagai universitas, pondok pesantren dan lembaga keagamaan di Yaman.