Kunjungan Medco Energi Ke Yaman

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Presiden Abdo Rabbo Mansour Hadi, menerima kunjungan Dr. Alwi Shihab, bersama Dirut Medco Energi, Lukman Mahfoedz, Direktur Eksplorasi Medco, Faiz Shahab, Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Najib, didampingi Dubes RI, N. Aulia beserta GM. Medco di Sana’a, Ahmad Saifuddin. 
Presiden Hadi menyambut dan menyampaikan selamat atas kunjungan delegasi Medco ke Yaman. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Hadi memaparkan sejumlah isu terkait hubungan kemitraan antara Yaman dan Indonesia sebagai hubungan yang kuat dan historis. Presiden Hadi juga menjelaskan langkah dan prosedur yang telah dilakukannya dalam merealisasikan Inisiatif Teluk serta mekanisme pelaksanaannya, sehingga Yaman dapat keluar dari persoalan politik. Hal yang telah dicapai tersebut merupakan prestasi penting dan sangat berarti bagi sejarah Yaman.
Selain itu, Presiden Hadi menekankan pula pentingnya investasi untuk menciptakan lapangan kerja dan menampung secara luas tenaga kerja Yaman. Sambil menegaskan dukungan penuhnya terhadap investasi Indonesia di berbagai sektor agar dapat membantu stabilitas dan pertumbuhan ekonomi serta tersedianya lapangan kerja bagi rakyat Yaman.
Dalam tanggapannya, Alwi Shihab menyampaikan salam hormat Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, dan dukungannya terhadap langkah politik yang telah dilaksanakan Yaman dalam kerangka Inisiatif Teluk. Alwi juga menyampaikan ucapan selamat dari ekspatriat asal Yaman yang tersebar di Indonesia yang jumlahnya melebihi 5 juta jiwa atas prestasi yang telah dicapai oleh Presiden Hadi pada masa-masa sulit dalam sejarah Yaman. Alwi menegaskan bahwa hubungan kemitraan kedua negara akan terus berkembang dan dalam waktu dekat akan ada investasi Indonesia yang lebih besar di Yaman.
Selama di Yaman, delegasi Medco juga bertemu dengan Menteri Minyak dan Mineral, Ir. Hisyam Sharaf, Menteri Keuangan, Sakhr Al-Wajeeh dan Gubernur Hadhramaut, Khalid Saed Al-Deini.