Bertempat di KBRI Sana’a, PPI Yaman melaksanakan Mubes XI dengan tema “Membangun Kesadaran Profesionalitas Berorganisasi”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Menjelang tengah malam, perhelatan Musyawarah Besar XI Persatuan Pelajar Indonesia di Yaman yang  diselenggarakan di Ruang Serbaguna KBRI Sana’a berakhir. Agenda tahunan yang dihelat selama tiga hari tersebut diikuti oleh perwakilan pelajar Indonesia dari berbagai lembaga pendidikan yang tersebar di berbagai penjuru Yaman dengan tema “Membangun Kesadaran Profesionalitas Berorganisasi”.

Dalam acara yang dibuka oleh Head of Canceleray  Kedutaan Besar Indonesia untuk Yaman, Agus Syarif Budiman, dan dihadiri beberapa staf KBRI Sana’a tersebut, terdapat lima agenda penting yang dibahas secara maraton: Sidang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengurus PPI Yaman periode 2011-2012, tanggapan atas LPJ, Sidang Pembahasan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), Sidang Rekomendasi Musyawarah Besar XI dan Pemilihan Ketua Umum PPI Yaman periode 2012-2013.
Di antara empat wilayah yang meliputi Dewan Pengurus Wilayah Hadhramaut, Hudaidaidah, Zabid dan Sana’a, hanya wilayah Sana’a yang menolak laporan pertanggung jawaban Pengurus PPI Yaman periode 2011-2012. Sedangkan tiga wilayah lain menerima laporan pertanggungjawaban tersebut dengan beberapa catatan. Sehingga secara garis besar laporan pertanggungjawaban tersebut diterima oleh mayoritas peserta sidang.

Selain itu, sebagai langkah perbaikan menuju PPI Yaman yang professional dan bermartabat, peserta Sidang AD ART juga melakukan upaya perubahan pada beberapa bab dan pasal di AD ART yang dianggap perlu serta membawa kemajuan pada PPI Yaman kedepan. Diantaranya adalah tentang restrukturisasi struktur kepengurusan, pengelolaan keuangan, memperjelas wewenang antara
pengurus pusat dan wilayah dan lain-lain.
Dalam Musyawarah Besar XI itu pula, untuk pertama kalinya, calon Ketua Umum PPI Yaman 2012-2013 dari wilayah Hudaidah. Mohammad Khairuz Zadit Taqwa, dipercaya untuk melanjutkan kepemimpinan PPI Yaman selama satu tahun ke depan setelah melalui proses pemilihan oleh para peserta sidang yang berhak memilih.  
 
Dengan terpilihnya Ketua Umum PPI Yaman baru, PPI Yaman ke depan akan menjadi lebih baik dan bisa mempertahankan capaian/prestasi yang telah ditorehkan oleh kepengusan sebelumnya atau bahkan melebihi.
 
Sebagai informasi, kepengurusan PPI Yaman periode 2011-2012 telah berhasil menyelenggarakan Sayembara Cerita Mini Interternasional dalam rangka Hari Jadi PPI Yaman ke
XI dan launching website PPI Yaman serta Olimpiade Karya Tulis Ilmiah. Saat ini, buku kompilasi tulisan dua even tersebut sedang dalam  proses cetak untuk diterbitkan di Indonesia.
Mubes XI ditutup oleh Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Sana'a, Priyanto Mawardi.