SAMBUTAN DUTA BESAR RI PADA UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE - 85, TAHUN 2013

11/28/2013

 

?

Saudara-saudaraku, masyarakat Indonesia di wilayah Republik Yaman yang saya hormati.

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera bagi Kita Semua

 

Bismillahirahmanirahim,

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia Nya, sehingga pada hari ini, kita dapat memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-85, yakni sejak terjadinya peristiwa bersejarah, Sumpah Pemuda oleh para Pemuda dari berbagai wilayah Nusantara, pada 28 Oktober 1928.

 

Setiap tahun, kita memperingati Hari Sumpah Pemuda, dan pada hari ini kita merenungkan kembali perjuangan dan tekad para pemuda Indonesia waktu itu, untuk mewujudkan satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa, Indonesia.

 

Dengan demikian, peringatan Hari Sumpah Pemuda hendaknya tidak menjadi kegiatan yang hanya bersifat rutinitas, sehingga kehilangan makna. Namun sebaliknya, kita harus terus  berupaya mengisi substansi peringatan sesuai dengan semangat terkini, tanpa kehilangan nilai-nilai dari Sumpah Pemuda itu sendiri.

 

Kita perlu melakukan refleksi ke belakang, sekaligus kita harus mengantisipasi ke depan, sejarah perjalanan bangsa dalam menghadapi tantangan baru, dengan semangat nilai-nilai Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan, Pancasila, UUD 1945, dan semangat Bhineka Tunggal Ika.

 

Menteri Pemuda dan Olah Raga RI dalam sambutan tertulis yang dikirimkan kepada seluruh masyarakat Indonesia, beliau mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah kompetisi pada tingkat regional, dan global. Oleh karena itu,  pemuda Indonesia hendaknya siap menjawab tantangan tersebut dengan terus berupaya meningkatkan kualitas kecerdasan, mengembangkan sikap keteladanan,  yang dapat menjadi inspirasi bagi orang lain, untuk mewujudkan daya saing dan prestasi di tengah percaturan dunia, dengan tanpa meninggalkan sikap yang sopan dan santun.

 

Berkenaan dengan hal tersebut, maka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85 tahun ini mengangkat tema “DENGAN SUMPAH PEMUDA, KITA WUJUDKAN PEMUDA YANG SANTUN, CERDAS, INSPIRATIF, DAN BERPRESTASI”.

 

Tema tersebut membawa pesan bahwa kita semua, dan pemuda Indonesia khususnya, perlu menunjukkan kepada dunia bahwa generasi pemuda Indonesia  tetap memelihara sikap santun, kesantunannya di tengah berbagai perubahan nilai moral dan sosial yang melanda dunia.

 

Hadirin, Saudara-Saudaraku, yang Kami Hormati,

 

Tema tersebut juga dimaksudkan sebagai suatu gerakan moral, sosial, politik, dan budaya agar pemuda memiliki kemampuan dan kinerja yang handal dan sekaligus mampu membawa nama baik Indonesia di hadapan masyarakat dunia.

 

Untuk mewujudkan itu semua, generasi pemuda harus siap berjuang keras, penuh semangat, sebagaimana semangat yang telah ditunjukkan oleh para pemuda Indonesia pada tahun 1928.

 

Begitu banyak agenda dan hal-hal yang harus kita kerjakan di masa depan. Kompleksitas persoalan yang dihadapi Indonesia mengharuskan seluruh komponen bangsa, termasuk generasi muda,  secara bersama-sama mencurahkan perhatian dan tenaga untuk mengatasi segala persoalan, menuju kejayaan bangsa Indonesia di masa depan.

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa, agar mampu menjawab berbagai tantangan yang dihadapi, para pemuda harus memiliki bekal ilmu pengetahuan yang handal, berdisiplin tinggi, kerja keras yang tak mengenal lelah, serta mengedepankan rasa persatuan, mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan.

 

Oleh karena itu, semangat dan jiwa Sumpah Pemuda hendaknya terus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa, guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda Indonesia yang bersikap penuh sopan dan santun.

 

Akhir kata, marilah kita renungkan kembali  semangat persatuan para pemuda dari seluruh wilayah nusantara yang telah melahirkan Sumpah Pemuda 1928, agar kiranya ruh dan nilai-nilainya tetap mengilhami kita semua dalam menjalankan tugas-tugas pengabdian kepada bangsa dan negara, sesuai dengan bidang garap dan bidang pekerjaan kita masing-masing.

 

Kepada para pemuda-pemudi Indonesia yang sedang berada  di Yaman, yang sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa, momentum peringatan hari Sumpah Pemuda hendaknya menjadi inspirasi dan pendorong untuk semakin tekun menuntut ilmu yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara. Sikap santun yang menjadi karakter utama pemuda pemudi Indonesia, hendaknya terus dipelihara dan ditingkatkan, selain menunjukkan keagungan sikap bangsa Indonesia, juga merupakan pengamalan ilmu agama yang dipelajari oleh sebagian besar pemuda-pemudi Indonesia di berbagai lembaga pendidikan di Yaman.

 

Semoga Allah swt selalu melimpahkan rahmat dan inayah, kasih sayang dan perlindungan kepada seluruh bangsa Indonesia dimanapun berada.

 

Wabilahitaufiq wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sanaa, 28 Oktober 2013