Lapor Diri

Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah Italia, Malta, Siprus dan San Marino untuk tujuan belajar, kuliah, bekerja dan menetap lebih dari 30 (tiga puluh) hari untuk jangka waktu tertentu diwajibkan untuk lapor diri ke KBRI Roma dan Konsulat Kehormatan RI terdekat di wilayah Italia, Malta dan Siprus.

 

Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diharapkan pada WNI, maka akan jauh lebih mudah bagi KBRI Roma untuk membantu jika WNI tersebut apabila sudah mendaftarkan/melaporkan data dirinya di Perwakilan RI.

 

WNI seringkali menghubungi Perwakilan RI (KBRI Roma dan Konsulat Kehormatan RI di Italia, Malta dan Siprus) setelah menghadapi masalah atau tertimpa musibah. Demikian juga acapkali Perwakilan RI kesulitan membantu penggantian dokumen WNI jika ybs yang tiba-tiba datang kehilangan dan tidak pernah melapor ke Perwakilan RI.

 

Lapor diri pada Perwakilan RI setempat sangat besar manfaatnya. Tentunya sangat diharapkan agar setiap WNI yang berada di luar negeri menjaga dirinya masing-masing dan senantiasa dijauhi dari kesulitan dan berbagai hambatan. Oleh karena itu sempatkanlah waktu untuk melaporkan keberadaan anda selama di Italia.

 

Prosedur lapor diri sangat mudah dan manfaatnya sangat besar bagi diri sendiri, sbb :

  1. Datang langsung ke KBRI Roma atau Konsulat Kehormatan RI terdekat di wilayah Italia, Malta dan Siprus, dengan membawa Paspor dan 1 lembar pas foto ukuran sesuai di Paspor.
  2. Mengisi formulir dan ditandatangani (FORMULIR LAPOR DIRI WNI.pdf).
  3. Setelah semua formulir diisi lengkap dengan data diri, Paspor diserahkan kepada petugas yang akan membubuhkan cap lapor diri dan alamat lengkap di dalam Paspor milik yang bersangkutan.

PENTING :

Mohon diisi dengan alamat dan nomor telepon lengkap walaupun sementara. Dan harap kembali menghubungi Perwakilan RI jika ada perubahan alamat dan nomor telepon.