Seluruh ABK WNI Pada Kapal Costa Concordia Selamat

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sejumlah 170 WNI yang bekerja sebagai kru pada Kapal Costa Concordia telah berhasil diidentifikasi oleh KBRI Roma, semuanya dalam keadaan sehat kecuali 2 (dua) orang ABK WNI yang masih memerlukan perawatan lanjut di Rumah Sakit yang berbeda. Seorang WNI a.n. Sdr. I Kadek Agus Wijaya saat ini masih berada di Rumah Sakit San Giovanni di Dio di Orbetello, Grosseto, namun telah dinyatakan sehat dan masih menunggu  surat-surat yang dikeluarkan oleh pihak Rumah Sakit. Sementara seorang lagi a.n. Sdr. I Nyoman Juniarta dirujuk ke Rumah Sakit Siena setelah memperoleh perawatan di Rumah Sakit San Giovanni di Dio di Orbetello, Grosseto akibat cidera patah tulang punggung dan patah kaki.

 

Para ABK WNI yang semula terpencar, saat ini ditampung di 3 (tiga) hotel di kota Grosseto, kurang lebih 200km dari kota Roma, dengan rincian sejumlah 99 orang WNI berada di Hotel Fattoria La Principina Grosseto, 34 orang WNI berada di Hotel Nuova Grosseto, dan 34 orang WNI berada di Hotel Leopoldo Grosseto. Dari jumlah tersebut terdapat 6 orang perempuan, dan sisanya sebanyak 164 orang pekerja laki-laki.

 

KBRI Roma sejak kemarin (14/1) telah mengirim Tim bantuan untuk verifikasi dan memberikan bantuan seperlunya. Tim pertama tersebut diperkuat dengan Tim kedua yang berangkat pada pagi hari tanggal 15 Januari 2012 untuk memberikan bantuan makanan tambahan, pakaian baru dan pakaian bekas layak pakai serta bantuan kekonsuleran lainnya. Selanjutnya, KBRI Roma akan terus melakukan hubungan dengan pihak perusahaan kapal pesiar Costa Crociere yang bermarkas di kota Genoa untuk memastikan bahwa hak-hak para ABK WNI dapat terpenuhi.

 

Kapal Pesiar Costa Concordia karam pada tanggal 13 Januari 2012 di pesisir pantai Pulau Giglio, dekat Porto Santo Stefano, Toskana, Italia, setelah menabrak karang. Saat terjadinya peristiwa naas tersebut, Kapal Costa Concordia membawa 4234 penumpang dan 1020 ABK.
 
Info Penting:
 
 
Sumber: KBRI Roma