Pariwisata Bawah Laut Indonesia Semakin Diminati di Italia

Agen Perjalanan Wisata di Italia antusias mengikuti Product Knowledge Indonesia Tourism Diving Update 2015 yang menampilkan pesona dunia pariwisata bawah laut Indonesia, di Hotel Boscolo Exedra pada tanggal 24 November 2015 Roma, Italia. Antusiasme ini sejalan dengan semakin meningkatnya minat wisatawan Italia terhadap wisata bawah laut yang eksotis di kepulauan nusantara. Promosi wisata ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan KBRI Roma.
 
Dalam sambutan di depan para eksekutif dan perwakilan Agen Perjalanan Wisata dan wartawan wisata di Italia, Wakil Kepala Perwakilan RI di Roma, Des Alwi menyampaikan bahwa Indonesian memiliki berbagai objek wisata yang menarik karena posisi Indonesia yang unik sebagai negara kepulauan dengan penduduk multi-etnik menawarkan berbagai dimensi pariwisata mulai dari kebudayaan, keindahan alam, makanan sampai keindahan biota di bawah laut. Ia optimis sektor pariwisata akan terus meningkat sesuai dengan indeks World Tourism Organization (WTO) yang memperkirakan peningkatan sektor pariwisata dunia sebesar 3,5 - 4.0% di tahun 2015 di tengah  berbagai permasalahan politik dan sosial saat ini.  
 
“Saat ini melakukan wisata ke Indonesia sangat mudah, warga negara Italia tidak perlu mengurus visa untuk berwisata ke Indonesia selama 30 hari karena pemerintah Indonesia telah membebaskan visa wisata kepada 90 negara di dunia, termasuk Italia” pungkas Des Alwi.
 

Wakil Duta Besar RI Roma, Des Alwi Menyampaikan Kata Sambutan pada Acara Product Knowledge Indonesia Tourism Diving Update 2015

 
Wakil Duta Besar RI Roma, Des Alwi Menyampaikan Kata Sambutan pada Acara Product Knowledge Indonesia Tourism Diving Update 2015
 
Pemaparan tempat wisata selam dan video promosi pariwisata Indonesia diikuti oleh 38 peserta yang hadir dengan seksama oleh seluruh peserta yang hadir. Ketua Assosiasi Rekreasi Wisata Selam Indonesia, John Sidjabat menjelaskan berbagai macam tempat tujuan wisata selam baru yang sedang dikembangkan di Indonesia yang tersebar mulai dari bagian paling Barat Indonesia yaitu pulau Weh di Aceh, pulau Bali, pulau Komodo, pulau Derawan, pulau Maratua, pulau Lembeh, pulau Makassar, pulau Wakatobi sampai ke Bagian Timur yaitu Raja Ampat di Papua. Masing-masing tempat tersebut memiliki keunikan tersendiri dan sangat menarik untuk dikunjungi.
 
Lebih lanjut Direktur PT. Bali Marine menjelaskan berbagai paket wisata selam maupun snorkling yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut kepada peserta yang hadir mulai dari paket bermalam di atas kapal sampai paket bermalam di resort dengan durasi dan harga yang bervariasi.
 
Walaupun telah memasuki musim winter di Italia, suasana acara terasa sangat hangat. Diskusi juga berlanjut secara informal antara pembicara dengan peserta yang hadir di sela-sela makan siang. Kemeriahan acara tersebut dilengkapi dengan pengundian 3 paket berwisata ke Indonesia yaitu Bali-Manado dan Bali-Raja Ampat.
 
Pada tahun 2014, jumlah wisatawan Italia yang berkunjung ke Indonesia mencapai 68.024, meningkat 7,9% dibanding tahun 2013. Upaya promosi ini diharapkan dapat lebih mendorong peningkatan jumlah wisatawan Italia ke Indonesia di tahun-tahun mendatang.
 
Siaran pers ini dikeluarkan oleh Penerangan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma.