MILAN, NAPOLI DAN ROMA JADI AJANG PROMOSI LITERATUR INDONESIA

Novel karya penulis Oka Rukmini, Tarian Bumi kini dapat di baca pecinta literatur di negeri Pizza setelah diterjemahkan dalam bahasa Italia dengan judul La Danza Della Terra. Novel yang bercerita tentang kehidupan perempuan dalam budaya Bali diterjemahkan oleh Dr. Antonia Soriente, pengajar Bahasa Indonesia di Universitas Napoli dan Ilaria Gallo yang pernah menerima beasiswa Dharmasiswa dari Pemerintah Indonesia.
 
Guna mempromosikan novel karya anak bangsa ini, Kedutaan Besar RI di Roma mendatangkan Oka Rukmini ke Italia pada tanggal 6-11 Oktober 2015. Serangkaian acara promosi dilaksanakan yaitu, bedah buku dan seminar literatur di Milan, Napoli dan Roma untuk mengenalkan La Danza Della Terra kepada khalayak di Italia.
   
Promosi novel ini mendapatkan sambutan hangat dari pecinta literatur di Italia yang terlihat dari kehadiran dan antusiasme dalam acara bedah buku dan seminar literatur Indonesia di ketiga kota tersebut. Terdapat keinginan beberapa kalangan di Italia untuk mengenal lebih jauh karya-karya penulis dari luar Eropa seperti dari Asia khususnya Indonesia. Namun demikian, buku dan literatur mengenai Indonesia yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Italia masih sangat terbatas. Karena itu, novel La Danza Della Terra disambut baik oleh pecinta literatur di Italia.
   
Keberhasilan promosi novel La Danza Della Terra ini juga dapat dicapai berkat sambutan dan kerjasama dengan kelompok penerbitan dan toko buku, universitas dan lembaga budaya di Italia. Promosi novel di Milan dilaksanakan di Casa della Cultura bekerja sama dengan Italia-Asia Foundation pada tanggal 6 Oktober 2015.
 
Di Napoli, diselenggarakan bedah buku di Eva Cafe’ Libreria, tanggal 8 Oktober 2015 serta Seminar di Universitas l’Orientale dan bedah buku di toko buku Mandadori, Nocera pada tanggal 9 Oktober 2015. Promosi buku ini ditutup dengan promosi dan bedah buku di Toko Buku Mandadori, Roma pada tanggal 10 Oktober 2015. 
 
Promosi novel ini adalah bagian dari upaya KBRI Roma untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia kepada publik Italia guna mendorong saling pengertian dan mendekatkan hubungan antar masyarakat. Beberapa aktivitas lain yang dilakukan dalam rangka promosi budaya dalam tahun 2015 antara lain adalah promosi film Indonesia, kesenian dan tarian daerah, gastronomi serta pemberian beasiswa kepada mahasiswa Italia untuk belajar sastra dan budaya Indonesia.
 
Oka Rusmini adalah salah satu penulis Indonesia yang menghadiri Frankfurt Book Fair 2015 pada saat Indonesia menjadi tamu kehormatan di ajang buku terbesar di dunia. Novel "Tarian Bumi” diterjemahkan ke dalam Bahasa Italia dengan bantuan subsidi dari Translation Funding Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun ini.
 
*****