Fashion Show "The Splendour of Indonesia" Pukau Kota Milan dan Roma

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KBRI Roma mengundang designer ternama Indonesia, Ghea Panggabean, bersama timnya, untuk menampilkan kreasi budaya dan busana Indonesia, baik yang bersifat tradisional dan juga kontemporer. Acara Fashion Show di Milan dilaksanakan di Melia Hotel, Milan, bertepatan dengan fashion week di Milan. KBRI memanfaatkan momentum tersebut untuk mempromosikan Indonesia melalui acara fashion show. Sedangkan pelaksanaan acara fashion show di Roma disatukan dengan penyelenggaraan resepsi diplomatik dalam rangka HUT RI ke-65.
 
Acara pagelaran budaya dan fashion show tersebut berjudul The Splendour of Indonesia  dan mengambil tema “Reinventing Heritage”.  Acara dikemas dengan pertunjukan seni tari karya maestro tari Indonesia, Martinus Miroto Phd. Acara dikareografikan oleh koreografer kondang, Panca Makmun. Fashion show menampilan rancangan adi busana Ghea Pangabean yang bernuansa Jawa, Bali, dan Palembang, serta diiringi alunan musik tradisional dan modern dengan penampilan lima peragawati Indonesia yaitu Nadine Chandrawinata, Dominique Agisca Diyose, Prinka Cassy Pertiwi, Rini, dan Paula Verhoven, serta lima peragawati lokal Italia.
 
Acara fashion show di Milan dihadiri oleh sedikitnya 300 orang, diantaranya, dari kalangan industri fashion, pemilik butik, pengusaha, dan pejabat pemerintah. Acara fashion show di Roma, yang dibarengi dengan penyelenggaraan resepsi diplomatik, dihadiri oleh sekitar 500 undangan, termasuk dari kalangan industri fashion dan juga komunitas diplomatik dari berbagai negara sahabat serta para undangan dari organisasi-organisasi internasional yang berbasis di Roma.
 
Dalam sambutan pembukaan acara fashion show, Dubes RI Roma menyampaikan bahwa fashion show dimaksudkan untuk memperkenalkan kekayaan tradisi dan budaya Indonesia yang mewarnai kreasi bahan serta rancangan busana. Diharapkan juga dapat meningkatkan citra positif Indonesia di Italia dan mendorong kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua negara, khususnya dalam bidang industri fashion. Kegiatan ini dimaksudkan untuk merintis masuknya fashion busana berkelas dari Indonesia ke salah satu pusat mode dunia serta mendorong masuknya arus wisatawan Italia ke Indonesia.
 
Seusai fashion show, para kolektor dan pengusaha dari kalangan industri fashion banyak yang tertarik untuk membeli berbagai busana dan aksesori  rancangan Ghea saat ditampilkan di display area, dan menyatakan keinginannya untuk melakukan kerjasama dengan industri fashion di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI Roma menyarankan kepada pengusaha fashion Italia untuk sebaiknya melakukan kerjasama dengan membuka butik Ghea di Italia sehingga busana karya Indonesia dapat terus dinikmati oleh masyarakat Italia secara menerus.
 
KBRI Roma menilai bahwa upaya peningkatkan promosi Trade, Tourism, and Investment (TTI) RI-Italia dengan memadukan kegiatan Business Seminar  dengan pagelaran budaya dan fashion show berhasil menarik banyak kalangan bisnis, pengusaha, dan investor Italia yang bergerak di berbagai sektor, khususnya industri fashion, dan pariwisata. KBRI Roma akan terus menindaklanjuti komunikasi antara para pelaku bisnis yang telah menyatakan ketertarikannya untuk membuka usaha di Indonesia.
 
Silahkan klik link berikut untuk melihat foto dari studio argento http://www.studioargento.com/arte/indonesia-embassy/index_en.html