170 WNI Korban Concordia akan Dipulangkan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

VIVAnews - Sebanyak 170 WNI selamat dari peristiwa kandasnya kapal pesiar mewah Costa Concordia di lepas pantai pesisir barat Italia, Jumat malam 13 Januari 2012. Dari jumlah itu, tiga warga menderita luka. Mereka adalah awak kapal Concordia.

"Pihak perusahaan tempat mereka bekerja memutuskan untuk memulangkan para WNI itu," kata Juru Bicara KBRI di Roma, Musurifun Lajawa, saat dihubungi VIVAnews.com, Senin 16 Januari 2012.

Menurut Musurifun, sebelum dipulangkan, KBRI akan membantu para WNI tersebut untuk mendapatkan haknya berupa gaji. "Dan kalau WNI itu ingin kembali bekerja, maka pihak perusahaan akan memberikan prioritas," ujarnya.

Untuk membantu pemulangan para WNI tersebut, KBRI saat ini sedang memproses Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) sebagai pengganti dari paspor mereka yang hilang. "Saat ini kami sedang mengurus SPLP mereka, sejak malam tadi mereka mulai mengisi formulir dan kemudian difoto," jelasnya.

Musurifun menjelaskan, saat ini sebanyak 167 WNI masih ditampung di 4 hotel di kota Grosotto, Italia. Sementara 2 dari 3 WNI yang menderita luka yakni Kadek Agus dan Gusti Putu, sudah diperbolehkan keluar dari rumah sakit dan akan bergabung dengan rekan-rekannya di hotel. 1 WNI lain, yakni Nyoman Yuniarta masih dirawat dan akan dirujuk ke rumah sakit di Sienna. Dia mengalami patah tulang punggung.

Seperti diketahui kapal pesiar Costa Concordia tenggelam pada Jumat 13 Januari. Kapal mengangkut lebih dari 4 ribu penumpang.

Kapal itu sedianya membawa ribuan wisatawan berlayar selama tujuh hari mengarungi perairan Mediterania. Namun, baru dua jam meninggalkan pelabuhan, kapal mengalami gangguan listrik di dekat Pulau Giglio, di lepas pantai Tuscan.
 
Sumber: VIVANews