Kantor Berita Utama Italia AGI Ingin Menjalin Kerjasama Dengan Kantor Berita ANTARA

1/20/2015

?

Dalam kesempatan Meet The Press tanggal 20 Januari 2015 bertempat di Wisma Duta KBRI Roma, Wakil dari Kantor Berita Italian Journalist Agency (AGI) menyatakan ingin menjalin hubungan kerjasama dengan Kantor Berita di Indonesia. Keinginan tersebut disampaikan dalam rangka memenuhi kebutuhan akan berbagai informasi real time yang dinilai sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Italia.
 
Acara “Meet the Press” dengan tema “Indonesia Update 2015”  selain dihadiri oleh wakil dari AGI, telah dihadiri oleh 32 orang dari dari berbagai media utama Italia diantaranya RAI Radio Uno, SKH La Reppublica, majalah pariwisata a.l. Dove, Duta Besar Islamic Religious Community of Italy, Asosiasi Persahabatan Indonesia Italia, jurnalis fashion, Europe Journal, serta para pelaku dunia usaha di bidang pariwisata. Dalam kesempatan tersebut Duta Besar juga kesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepada dua orang Italia yang telah memberikan kontribusinya terhadap Indonesia yakni Vanni Pucioni dalam rangka rekonstruksi Nias setelah gempa tsunami, serta Naima Morelli atas penulisan buku berjudul Indonesian Contemporary Art.
 
Duta Besar RI menyampaikan visi misi dan program Presiden Joko Widodo dalam menjalankan pemerintahan ke depan yang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia, dengan menggunakan prinsip Tri Sakti yaitu memiliki politik yang berdaulat, ekonomi yang independen serta kebudayaan yang berkarakter serta 9 (Sembilan) program  (Nawacita). Pemerintah akan meningkatkan peran negara dalam melindungi warga negara Indonesia, memperkuat diplomasi ekonomi dan menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan saling menghormati dengan semua negara.

Selain itu, dijelaskan pula mengenai kondisi politik dan ekonomi Indonesia yang stabil, iklim investasi yang semakin bersaing. Khusus di bidang investasi, Duta Besar menyampaikan bahwa salah satu agenda program pemerintahan Joko Widodo,dimana  Indonesia membuka peluang kepada investor asing untuk melakukan investasi di Indonesia terutama di bidang infrastruktur dan konektivitas di bidang kelautan. Duta Besar mengimbau pengusaha Italia yang sudah terkenal memiliki keahlian yang lebih dalam hal mengembangkan infrastruktur di bidang kelautan dan memiliki banyak pelabuhan yang sudah berstandar internasional untuk menangkap peluang tersebut. Disampaikan bahwa saat ini, pemerintah Indonesia memiliki komitmen yang kuat dalam mempersingkat proses birokrasi investasi kepada investor asing yang ingin mananamkan modalnya di Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan people to people contact antara masyarakat Indonesia dan Italia, Duta Besar juga menjelaskan mengenai berbagai program pertukaran mahasiswa antar perguruan tinggi di Italia dan Indonesia, beasiswa yang ditawarkan pemerintah Indonesia kepada mahasiswa Italia maupun sebaliknya, berbagai program sosial budaya yang dilakukan baik di negara Indonesia maupun negara Italia. Duta Besar juga menyampaikan berbagai kebijakan pemerintah dalam mempromosikan dunia pariwisata di Indonesia, berbagai macam kekayaan tempat berwisata Indonesia yang menjadi daya tarik tersendiri bagi turis asing termasuk turis dari Italia untuk berkunjung ke Indonesia dalam rangka berwisata selain melakukan perjalanan bisnis.

Paparan tentang perkembangan Indonesia telah meningkatkan rasa ingin tahu jurnalis untuk melakukan wawancara lebih detail dengan Duta Besar. Adapun pertanyaan yang mengemuka adalah perkembangan hubungan bilateral Indonesia Italia dan rencana kegiatan KBRI Roma dalam tahun 2015.

 
Siaran pers ini dikeluarkan oleh Penerangan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma.