Indonesian Culinary Week di Roma

10/6/2014

?

Dari tanggal tanggal 27 September- 4 Oktober 2014, semua masyarakat Italia di Roma maupun para pendatang yang tinggal di kota Roma bisa menikmati masakan khas Indonesia di Restoran Doney, Hotel Westin Excelsior Roma, Italia. Di sana, pengunjung dapat memanjakan lidah mereka dengan berbagai hidangan masakan khas Indonesia selama acara Indonesian Culinary Week dari tanggal 27 September- 4 Oktober 2014 yang menyajikan “30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia”. Makanan khas Indonesia tersebut dimasak secara khusus oleh Executive Chef yang didatangkan dari  Indonesia yaitu Vindex Tenker dan dua executive chefs lainnya yaitu Mochamad Agung Susanto dan Sudarius Tjahja.

Duta Besar RI untuk Italia, August Parengkuan dalam sambutannya pada acara pembukaan Indonesian Culinary Week menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ada restoran yang khusus menyajikan makanan khas Indonesia di kota Roma. Ia berharap dengan adanya Indonesian Culinary Week tersebut dapat menjawab keingintahuan sebagian masyarakat Italia di kota Roma untuk menikmati hidangan khas Indonesia dan dalam jangka waktu panjang dapat pula mengawali kerjasama pembukaan Restoran Indonesia di kota Roma di masa yang akan datang. Selain itu, acara pembukaan Indonesian Culinary Week tanggal 27 September 2014 pukul 20.30 waktu setempat mendapat kehangatan tersendiri dari para tamu undangan dan jurnalis dari berbagai media massa di Italia. Hadir ditengah-tengah mereka pengusaha muda Indonesia, Erick Thohir selaku pemegang saham mayoritas salah satu Klub Sepak Bola Papan Atas Italia INTER (Internazionale – Milan). Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir juga memberikan kata sambutan mempromosikan masakan khas Indonesia yang disajikan dihadapan sejumlah 80 orang tamu undangan yang hadir. Acara pembukaan Indonesian Culinary Week diliput oleh sejumlah media massa setempat dan salah satunya adalah stasiun televisi pemerintah Italia, Roma UNO di Chanel 11 telah menayangkan acara Indonesian Culinary Week pada saat premium time masyarakat Italia jam 11 malam tanggal 30 September 2014.

Selanjutnya, pada tanggal 1 Oktober 2014, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu menyempatkan diri untuk menyaksikan secara langsung Indonesian Culinary Week disela-sela padatnya agenda kerjanya di tiga kota di Italia; Roma, Firenze dan Venezia. Ia menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin antara Kemenparekraf, KBRI Roma dan pihak Hotel Westin di Roma dengan baik sehingga Indonesian Culinary Week bisa dilaksanakan tanpa hambatan. Ia juga menyampaikan bahwa Kemenparekraf selalu siap mempromosikan berbagai makanan khas Indonesia dan selalu terbuka untuk melakukan kerjasama di masa yang akan datang. 

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma.