Keikutsertaan Indonesia dalam Saudi Build Expo 2009

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

INDONESIA berpartisipasi dalam Pameran Saudi Build 2009 (the 21th International Construction Technology and Building Materials Exhibition) yang diselenggarakan pada tanggal 4 - 7 Oktober 2009 di Riyadh International Exhibition Center, Arab Saudi.
 
Pameran yang berlangsung selama 4 (empat) hari kerja tersebut dibuka oleh Walikota Riyadh, Pangeran Dr. Abdul Azis Muhammad Al Ayyaf yang didampingi oleh beberapa pejabat dari instansi terkait baik pemerintah maupun swasta. Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Riyadh, Sukanto, SH, beberapa home staff KBRI-Riyadh dan KJRI-Jeddah termasuk ITPC-Jeddah.
Keikutsertaan Indonesia pada pameran tersebut adalah atas kerjasama Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) dengan KBRI Riyadh.
 
Pameran tersebut merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Riyadh International Exhitibition Center, dan penyelenggaraan tahun 2009 ini merupakan tahun yang ke-21. Pameran dibuka setiap hari dari jam 16.30 – 21.30, dan khusus pada tanggal 7 Oktober 2009 dibuka sebanyak 2 (dua) kali yaitu jam 10.00 – 13.00 (untuk keluarga) dan 16.30 – 21.30.
 
Delegasi dari Indonesia berjumlah 17 orang yang terdiri dari 3 (tiga) perwakilan BPEN-Departemen Perdagangan, 3 (tiga) perwakilan dari Departemen Pekerjaaan Umum, dan 11 (sebelas) pengusaha. Produk-produk yang dipamerkan adalah alat-alat berat, jasa konstruksi, keramik, batu marmer, produk kayu, informasi teknologi dan beberapa produk lainnya yang terkait dengan bahan bangunan.
Pameran tersebut diikuti oleh 650 perusahaan dari 38 negara yaitu : Australia, Austria, Bahrain, Belgia, Brazil, China, Denmark, Finland, Perancis, Jerman, Yunani, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Italia, Jordan, Korea, Kuwait, Lebanon, New Zealand, Oman, Pakistan, Portugal, Qatar, Rusia, Singapura, Slovakia, Spanyol, Syria, Thailand, The Netherlands, Tunisia, Turkey, UAE, UK, Ukraine dan Saudi Arabia.
 
Dari pameran tersebut, telah tercatat hasil kontrak dagang antara pengusaha Indonesia dan Arab Saudi dengan total nilai sebesar US$ 8.535.925.