Pameran SIAM 2010

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

KBRI Rabat bekerjasama dengan Kementeri Pertanian RI berpartisipasi dalam penyelenggaraan Salon International de L’Agriculture au Maroc (SIAM) di Kota Meknes (140 Km dari Kota Rabat). Pada SIAM Meknes ke-5 tahun 2010, stand Indonesia seluas 30 m persegi diisi oleh 7 perusahaan Indonesia yang bergerak dalam bidang hasil pertanian dan juga turut dilakukan display contoh produk untuk mempromosikan berbagai produk pertanian yang dimiliki Indonesia. Semenjak pameran dibuka, pengunjung memadati stand Indonesia untuk melihat dari dekat produksi pertanian Indonesia yang beraneka ragam. Hal tersebut menunjukan bahwa produk pertanian Indonesia yang dihadirkan dalam SIAM Meknes mendapatkan respon yang sangat positif, sehingga para pengunjung pameran sangat antusias untuk mendapatkan informasi terkait produk Indonesia, khususnya produk getah damar, gaharu dan vaksin ternak. Pengusaha Indonesia yang bergerak dalam bidang getah dammar dan gaharu tercatat telah melakukan pertemuan one-on-one dengan sejumlah pengusaha setempat dalam rangka melakukan pemetaan pasar serta menjajaki peluang distribusi produknya di Maroko. Pengusaha getah damar Indonesia bermaksud untuk menindaklanjuti kontak bisnis yang didapat selama pameran dengan bantuan informasi dari KBRI Rabat untuk pengecekan bonafiditas beberapa calon counterpart di Maroko. Sebagai informasi kedua produk pertanian tersebut banyak diminati untuk pengharum ruangan pada acara-acara keagamaan Maroko yang mayoritas beragama Islam.

SIAM merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertanian dan Pengembangan Pedesaan Maroko dengan tujuan membuka berbagai potensi kemitraan pihak Maroko dengan pihak asing sehingga dapat meningkatkan peran bidang pertanian dalam pembangunan ekonomi Maroko secara keseluruhan. Pameran tersebut dibuka resmi oleh Raja Mohammed VI, pada tanggal 28 April 2010, yang juga dihadiri oleh pejabat Kementrian setempat dan para Duta Besar asing undangan dan yang berpartisipasi dalam pameran SIAM tahun 2010. Pada acara pembukaan tersebut, Duta Besar RI, Bapak Tosari Widjaja berkesempatan untuk bertatap muka dan berjabat tangan dengan Raja Mohammed VI.

Pameran SIAM meliputi wilayah seluas 100.000 meter persegi dan diikuti sebanyak 700 peserta pameran yang bergerak dalam bidang produksi pertanian, peternakan, mekanisasi produksi pertanian dan lingkungan. Peserta pameran asing yang tercatat berpartisipasi pada SIAM Meknes tahun 2010 adalah sejumlah 20 negara yang terdiri dari 100 perusahaan asing. Dalam rangka menyukseskan SIAM Meknes, penyelenggara juga telah menyusun rangkaian program yang meliputi kegiatan simposium bidang pertanian, pertemuan B – to – B , workshop bidang pertanian, presentasi produk dan kunjungan ke beberapa area pertanian dan situs pariwisata di wilayah Kota Meknes. Seluruh kegiatan diliput oleh media massa Maroko, termasuk stand Indonesia yang menerima kunjungan wartawan Maroko, yaitu dari Kantor Berita Nasional Maroko (MAP) dan Radio&Televisi (RTM) untuk mewawancarai peserta dari Indonesia.