Upaya Tingkatkan Kerjasama Ekonomi: Dubes RI Temui Menteri Tranportasi Maroko

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

??

Duta Besar RI Rabat, E.D. Syarief Syamsuri melakukan kunjungan kehormatan kepada  Menteri Transportasi, Logistik  dan Infrastruktur Maroko H.E. Mr. Aziz Rabbah Pada tanggal 23 Februari 2015,  di Rabat.
Pada kesempatan tersebut Menteri Rabbah menyampaikan hubungan Indonesia dan Maroko terjalin baik dan istemewa, keduanya memiliki persamaan agama dan budaya, namun hubungan ekonomi belum seperti yang diharapkan, sehingga perlu mendorong peningkatan hubungan ekonomi. Maroko tengah melakukan pembangunan infrastruktur dan mengembangkan pembangunan jalan tol, pelabuhan laut, airport dan sarana lainnya di berbagai wilayah. Menteri mengundang BUMN dan pengusaha Indonesia untuk melakukan investasi di Maroko dalam pembangunan infrastruktur Maroko, maupun dengan membangun pabrik dan gudang di  Maroko yang dapat menjadi pintu gerbang bagi produk Indonesia untuk masuk kawasan Afrika dan Timur Tengah serta Eropa.
Dubes RI sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam segala bidang, khususnya dalam bidang ekonomi: investasi dan tranportasi udara dan laut. Dubes mengundang Bapak Menteri untuk berkunjung ke Indonesia, guna mempresentasikan kemajuan Maroko dan proyek-proyek yang terbuka di Maroko.  Kerjasama transportasi udara dan kerjasama trasportasi laut sangat diperlukan guna mengatasi hambatan mahalnya transportasi yang selama ini dikeluhkan pengusaha kedua negara, disamping tingginya pajak barang masuk.
Kerjasama penerbangan nasional Indonesia Garuda/GA dan penerbangan nasional Maroko Royal Air Maroc/RAM kedepan, diharapkan dapat mengurangi tingginya biaya transportasi  dan menfasilitasi peningkatan perdagangan RI-Maroko.
 
                                                                                                               Rabat,  24 Februari 2015