RESEPSI DIPLOMATIK PERINGATAN HUT RI KE-70 DI RABAT

Dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-70 tahun 2015, KBRI Rabat telah menyelenggarakan Resepsi Diplomatik pada tanggal 17 September 2015, bertempat di Wisma Duta Besar RI Rabat. Resepsi Diplomatik dihadiri sekitar 300 tamu undangan, yang terdiri dari pejabat Kemlu, pejabat Pemerintahan, anggota parlemen, pelaku bisnis, kalangan akademisi, friends of Indonesia, masyarakat Indonesia di Maroko, dan kalangan korps diplomatik.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI Rabat menyampaikan secara singkat perjalanan Indonesia selama tujuh puluh tahun kemerdekaan, termasuk kebangkitan Indonesia pasca reformasi di tahun 1998 hingga saat ini menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Dubes RI Rabat juga menyampaikan arah pembangunan Indonesia ke depan, dan arah politik luar negeri Indonesia yang menekankan kepemimpinan di region Asia Tenggara dan secara global, yang secara konkret dicerminkan antara lain dengan kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua IORA 2015-2017.
Terkait hubungan dan kerja sama dengan Maroko, Dubes RI Rabat menyampaikan kerja sama yang telah terjalin erat antara kedua negara selama ini, dan upaya-upaya peningkatannya di bidang-bidang politik, ekonomi, dan sosial-budaya. Dalam hubungan itu, Dubes RI Rabat juga menyampaikan rencana Sidang Komisi Bersama ke-2 RI-Maroko pada tanggal 26 November 2015 di Jakarta, yang akan menjadi langkah maju dalam peningkatan kerja sama kedua negara.
Resepsi diplomatik juga dimeriahkan dengan penampilan tari tradisional kolaborasi tari Bujang Ganong dan Ondel-Ondel yang dibawakan oleh Tim Kesenian PPI Maroko di bawah asuhan KBRI Rabat. Telah dilakukan pula pemotongan kue sebagai simbol peringatan HUT RI ke-70 yang dilakukan oleh Dubes RI Rabat, Direktur Asia-Oseania Kemlu Maroko, dan Dubes Malaysia di Maroko selaku Dean Kelompok Asia.
Resepsi diplomatik ditutup dengan jamuan makan yang menghadirkan makanan-makanan tradisional Indonesia, seperti bakso, nasi goreng, sate ayam, gorengan, dan berbagai kue tradisional Indonesia.
Resepsi diplomatik ini merupakan kegiatan penutup rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI ke-70 tahun 2015 yang diselenggarakan oleh KBRI Rabat. Sebelumnya, KBRI Rabat telah menyelenggarakan Pekan Olahraga pada 2 s.d. 8 Agustus 2015 dan Upacara Pengibaran Bendera pada 17 Agustus 2015.