Penyelenggaraan Festival Nasional Tahunan Ke-4 Seni Bela Diri Oleh Asosiasi Pencak Silat Maroko

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

??

Pada hari Minggu, 8 Februari 2015, Festival Nasional Tahunan ke-4 untuk Seni Bela Diri di Gedung Bab Boulhaja, Sale telah diselenggarakan oleh Asosiasi Pencak Silat Maroko pimpinan Sdr. Abdessalam Khambach dan didukung serta difasilitasi oleh KBRI Rabat. Dalam kegiatan dimaksud, telah ditampilkan eksebisi berbagai cabang seni bela diri yang ada di Maroko dari berbagai sasana/organisasi bela diri dari berbagai kota di Maroko, yaitu Rabat, Sale, Nasr, Kenitra, dan Tangier.
 
Sdr. Abdessalam Kambach selaku Ketua Panitia Penyelenggara dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dan mendukung kegiatan tersebut, khususnya KBRI Rabat. Lebih lanjut disampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan dimaksud diharapkan dapat menginspirasi generasi muda Maroko dalam menumbuhkan jiwa sportivitas.
 
Sementara itu, PF Pensosbud/Protokol yang mewakili KBRI Rabat menyampaikan bahwa KBRI Rabat mendukung terlaksananya kegiatan tersebut, dan kebanggaan KBRI Rabat bahwa pencak silat sebagai olahraga bela diri tradisional Indonesia turut dipraktekkan dan dilestarikan di Maroko. Hal ini menunjukkan eratnya hubungan dan persaudaraan Indonesia-Maroko, dan mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat terus diselenggarakan di masa yang akan datang.
 
Selain pencak silat sebagai eksebisi utama, berbagai olahraga bela diri lainnya ikut memeriahkan acara dalam bentuk eksebisi bela diri antara lain Karate, Taekwondo, Wushu, Aikido, dan Vovinam.
 
Kegiatan ditutup dengan penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada para pelatih bela diri yang diserahkan oleh perwakilan KBRI Rabat, Pemerintah Kota Sale dan Ketua Asosiasi Pencak Silat Maroko.
 
KBRI Rabat senantiasa mendukung dan ikut memfasilitasi penyelenggaraan Festival Seni Bela Diri yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pencak Silat Maroko. Selain sebagai sarana untuk melesatarikan dan mempromosikan pencak silat sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia di Maroko, dukungan dan fasilitasi KBRI Rabat tersebut juga merupakan salah satu wujud diplomasi budaya Indonesia di Maroko dalam rangka meningkatkan 
 

Asosiasi Pencak Silat Maroko berdiri sejak sekitar 10 tahun yang lalu, dan merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan Maroko yang menjadi mitra KBRI Rabat. Sebelumnya, KBRI Rabat dan Asosiasi Pencak Silat Maroko telah bekerja sama dalam berbagai kegiatan, antara lain Pagelaran Pencak Silat Indonesia di Marrakech pada 7 April 2013, Promosi Pencak Silat Indonesia di Mega Mall Rabat pada 9 Desember 2012, dan partisipasi asosiasi tersebut pada berbagai kegiatan KBRI Rabat.

KBRI Rabat, 9 Februari 2015?