Indonesia Berpartisipasi Pada Kejuaraan MTQ Internasional Raja Mohammed VI ke-10

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

??Delegasi Indonesia telah berpartisipasi pada Kejuaraan MTQ Internasional Raja Mohammed VI ke-10 tahun 2014 (10th King Mohammed VI International Holy Qur’an Memorization, Recitation and Interpretation Contest) pada 23-25 Desember 2014. Peserta dari Indonesia berjumlah 2 orang yaitu Jajang Hasanuddin (kategori Hafalan 30 Juz dan Tafsir) dan Hasnah Yulia (kategori Hafalan 5 Hizb dan Tilawah), dan didampingi oleh pejabat dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang dipimpin oleh Bapak Mahadi Rahman.

 
Kejuaraan dibuka pada tanggal 23 Desember 2014 di Sekolah Quran Masjid Hassan II Casablanca oleh Menteri Wakaf dan Urusan Islam, Ahmed Toufik. Kejuaraan tersebut diikuti oleh 50 peserta dari 37 negara. Pembukaan dihadiri oleh korps diplomatik, pejabat pemerintah dan ulama Maroko, delegasi dan para peserta MTQ serta Dewan Juri. Pada upacara pembukaan, KBRI Rabat diwakili oleh Minister Counsellor bidang Ekonomi, Ibu Tanti Widyastuti. Pada kejuaraan kali ini, Indonesia berhasil meraih peringkat ke-7 dari 21 peserta pada kategori Hafalan 5 Hisb dan Tilawah yang diikuti oleh Hasnah Yulia.
 
Penyelenggaraan MTQ Internasional tersebut merupakan instruksi Raja Mohammed VI sebagai tanggung jawab mulia untuk ikut menjaga dan melestarikan tradisi pembacaan Kitab Suci Alqur’an. MTQ pertama diselenggarakan pada tahun 2005 dengan menghadirkan peserta dari negara-negara mayoritas berpenduduk Islam. Indonesia setiap tahunnya selalu menerima undangan dan ikut serta mengirimkan Qari dan Qariah.
 
Keikutsertaan Indonesia pada MTQ tersebut merupakan hal yang penting, mengingat Indonesia pernah mengukir prestasi menjadi Juara I Hafalan 30 Juz dan Tafsir pada tahun 2011, dan Juara II pada kategori yang sama pada tahun 2010.